Senin 02 May 2022 00:44 WIB

Gampong Kuta Karang, Aceh Besar, Gelar Gebyar Ramadhan 2022

Gebyar Ramadhan ini merupakan kegiatan yang dinanti-nanti oleh masyarakat.  

Penampilan Peserta cabang lomba pada Gebyar Ramadhan tahun 2022 Gampong Kuta Karang, kecamatan Darul Imaran Aceh Besar, Selasa Malam (19/4).
Foto: Dok Gampong Kuta Karang
Penampilan Peserta cabang lomba pada Gebyar Ramadhan tahun 2022 Gampong Kuta Karang, kecamatan Darul Imaran Aceh Besar, Selasa Malam (19/4).

REPUBLIKA.CO.ID, ACEH BESAR  -- Dalam rangka menumbuhkan generasi Islami yang beriman dan berkarakter, pemuda Gampong Kuta Karang,  Kecamatan Darul Imarah,  Kabupaten Aceh Besar menggelar Gebyar Ramadhan tahun 2022. Kegiatan yang digelar halaman menasah gampong tersebut berlangsung 19-24 April 2022.

Ketua panitia, Muhammad Arkham mengatakan, Gebyar Ramadhan tersebut merupakan kegiatan rutin yang masuk dalam salah satu program Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Gampong Kuta Karang, namun dalam beberapa tahun terakhir ini tidak dilaksanakan lagi.

“Gebyar Ramadhan ini memang kegiatan yang dinanti-nanti oleh masyarakat.  Generasi-generasi sebelumnya telah melaksanakan kegiatan seperti ini dengan sangat meriah, bahkan pesertanya di tingkat mukim atau kecamatan.  Namum beberapa tahun terakhir tidak digelar lagi dengan berbagai kendala,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Ditambahkan, ini awal mula dilaksanakannya kembali kegiatan Gebyar Ramadhan Gampong Kuta Karang yang pesertanya antar dusun. Kegiatan ini diikuti oleh 23 peserta yang merupakan perwakilan dari empat dusun yang ada dalam gampong.

Arkham menyebutkan, cabang yang diperlombakan antara lain lomba adzan tingkat MIN/SD dan Tsanawiyah, lomba pidato putra-putri tingkat Tsanawiyah dan Aliyah, dan lomba tilawatil Quran.

photo
Penampilan salah satu peserta lomba dalam rangka acara Gebyar Ramadhan di Gampong Kuta Karang. (Foto: Dok Gampong Kuta Karang)

Para dewan hakim atau juri pada kegiatan tersebut terdiri dari unsur tokoh masyarakat, ustaz pada TPA Al-Jihad Kuta Karang dan alumni Kuta Karang, yaitu putra-putri terbaik Kuta Karang yang telah menjadi warga gampong lain, pulang untuk mendukung kegiatan ini. Mereka juga pelaksana kegiatan seperti ini di masanya.

“Alhamdulillah kegiatan terlaksana dengan baik.  Ini merupakan semangat baru bagi pemuda Gampong Kuta Karang dalam mensyiarkan nilai-nilai Islami. Untuk itu kami terus mengharapkan dukungan dari masyarakat dan pemerintah gampong, dengan dukungan dan partisipasi semua pihak kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses,” pungkas Arkham.

Keuchik Gampong Kuta Karang, Suria Husin dalam sambutannya menyatakan dukungannya terhadap kegiatan Gebyar Ramadhan tersebut.  Ia menilai kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan dan bulan Ramadhan adalah momentum terbaik untuk kegiatan ini.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini. Apalagi kita melihat generasi muda saat ini banyak yang terpengaruh dengan hal-hal negatif, maka kami atas nama pemerintah gampong mengharapkan kepada pemuda untuk terus melanjutkan kegiatan seperti ini, bahkan dapat dilaksanakan tingkat kemukiman,” kata Suria.

Keuchik menambahkan, apalagi di Gampong Kura Karang ada beberapa (rumah) balai pengajian, ada dua dayah dan Taman Pendidikan Alquran Al-Jihad yang muridnya juga ada dari Gampong jiran dalam kemukiman ini.

“Untuk itu, ke depan sangat memungkinkan dilaksanakan secara lebih luas lagi dengan jenis perlombangan yang juga lebih banyak.  Sehingga,  kegiatan Gebyar Ramadhan yang kita laksanakan ini mendapat banyak kesempatan bagi yang ingin berpartisipasi nantinya,” demikian, Keuchik Suria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement