Ahad 01 May 2022 20:01 WIB

Hujan Deras Diprediksi Warnai Perayaan Idul Fitri di Bengkulu

Hujan deras diprediksi akan turun di Bengkulu hingga tiga hari ke depan.

Hujan deras diprediksi akan turun di Bengkulu hingga tiga hari ke depan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Hujan deras diprediksi akan turun di Bengkulu hingga tiga hari ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Fatmawati Bengkulu menyebutkan bahwa pada malam takbir dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Provinsi Bengkulu terjadi hujan dengan intensitas lebat. Prakirawan BMKG Stasiun Fatmawati BengkuluRahyu Meylansari di Bengkulu, Ahad (1/5/2022), mengatakan bahwa untuk di beberapa wilayah di Provinsi Bengkulu terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama tiga hari ke depan.

"Kami prediksi pada malam ini hingga tiga hari ke depan terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai dengan petir dan angin kencang," kata dia.

Baca Juga

Untuk wilayah yang diprediksi terjadi hujan disertai petir dan angin kencang, yaitu Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, dan Kabupaten Lebong. Selain itu, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur, dan Pulau Enggano.

Ia mengatakan, curah hujan tersebut terjadi karena adanya tekanan rendah di Samudera Hindia barat Bengkulu yang membentuk daerah pertemuan. Selain itu, belokan angin di Samudera Hindia barat dan kelembapan udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas.

Ia mengatakan, labilitas udara yang cukup kuat di atas atmosfer Bengkulu menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di seluruh wilayah Bengkulu. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk waspada terjadinya potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement