REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Asabri (Persero) telah membayarkan klaim manfaat tunjangan hari tua (THT) kepada 71 ribu peserta, manfaat jaminan kecelakaan kerja (JKK) 3.900 peserta, dan manfaat jaminan kematian (JKm) sebanyak tiga ribu orang. Nilai klaim ketiga manfaat itu masing-masing sebesar Rp 1,7 triliun, Rp 84,5 miliar, dan Rp 231,4 miliar.
Sekretaris Perusahaan Asabri Edison Sianipar mengatakan, jika dibandingkan 2020 besar total klaim yang dibayarkan ini meningkat 23,8 persen. Terutama disebabkan kenaikan klaim program THT dan JKm.
“Pembayaran dilakukan secara tepat waktu, tepat sasaran, tepat jumlah, dan tertib administrasi. Kami berkomitmen dalam peningkatan layanan serta pemenuhan kewajiban kepada seluruh peserta,” ujarnya, Sabtu (30/4/2022).
Menurutnya, penerimaan premi program THT, JKK dan JKm masing-masing sebesar Rp 1,1 triliun, Rp 190 miliar dan Rp 257 miliar. Sedangkan premi program pensiun yang diterima sebesar Rp 1,65 triliun.
Adapun premi yang diterima ini berasal dari 934 ribu orang peserta aktif. Terdiri dari 477 ribu orang prajurit TNI, 437 ribu orang Anggota POLRI dan 20 ribu orang PNS.
“Premi tersebut selanjutnya menambah total aset Asabri yang tercatat per 31 Desember 2021 sebesar Rp 33,8 triliun atau naik 8,9 persen dibanding 2020,” ucapnya.
Sebagai bagian dari peningkatan kualitas layanan yang bertujuan memberikan kemudahan peserta, Asabri melakukan optimalisasi Asabri Mobile Application yang mulai diperkenalkan sejak 2020. Selain dapat melihat saldo akumulasi premi dan hasil pengembangan.
“Aplikasi ini merupakan sarana bagi peserta untuk melakukan update atas data peserta secara mandiri. Terdapat beberapa tambahan fitur dalam aplikasi ini, antara lain fasilitas bagi peserta untuk mengunduh surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak serta jadwal kewajiban pelaksanaan autentikasi,” ucapnya.
Pada Desember 2021 jumlah peserta pengguna aplikasi sebanyak 172 ribu peserta. Adapun upaya peningkatan jumlah peserta pengguna ini akan terus dilakukan melalui sosialisasi dan pendampingan peserta.
Selain itu, untuk mempermudah proses pengajuan klaim, upaya mendekatkan peserta dengan jaringan layanan Asabri dilakukan juga melalui penambahan jumlah titik layanan Asabri Link. Sehingga titik layanan yang dimiliki saat ini adalah sebanyak 995 termasuk titik layanan mitra bayar.
“Proses pengenalan serta update produk dan layanan Asabri dilakukan secara berkelanjutan melalui program sosialisasi, dimana selain peserta, juga dilakukan kepada ahli waris," kata dia.
"Dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki, perseroan mendorong dan meningkatkan pencapaian atas program-program tersebut guna mewujudkan layanan yang prima,” katanya lagi.