Jumat 29 Apr 2022 05:10 WIB

Satpol PP Mataram akan Razia Masker di Tempat Wisata

Razia masker Satpol PP Mataram akan dilakukan secara humanis

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Sejumlah pengunjung menikmati suasana di gerbang selatan Taman Sangkareang di Mataram, NTB, Jumat (11/2/2022).  Satpol PP Kota Mataram siapkan skenario razia masker di sejumlah tempat wisata. Ilustrasi.
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Sejumlah pengunjung menikmati suasana di gerbang selatan Taman Sangkareang di Mataram, NTB, Jumat (11/2/2022). Satpol PP Kota Mataram siapkan skenario razia masker di sejumlah tempat wisata. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat siapkan skenario razia masker di sejumlah tempat wisata di kota itu selama libur Lebaran 1443 hijriah. Razia dilakukan sebagai upaya pengendalian penyebaran Covid-19.

"Kendati saat ini kita berada pada status PPKM level satu, tapi prokes Covid-19 terutama masker harus tetap digunakan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Mataram Irwan Rahadi, di Mataram, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga

Skenario razia masker disiapkan mengingat libur panjang lebaran tahun ini berpotensi meningkatkan kunjungan masyarakat ke sejumlah objek wisata di Mataram. Sementara yang datang ke objek wisata di Mataram, tidak hanya warga kota saja melainkan juga warga luar Mataram bahkan luar daerah yang datang mudik lebaran sehingga harus diantisipasi.

"Karena itu, masyarakat kita harapkan bisa adaptif terhadap kondisi pandemi saat ini. Kelonggaran yang diberikan pemerintah jangan sampai membuat masyarakat abai menggunakan masker," katanya.

Namun demikian, razia masker yang disiapkan itu akan dilakukan secara humanis yakni dengan memberikan teguran dan memberikan masker bagi para pengunjung yang tidak membawa masker. "Untuk pembagian masker ini, akan kita koordinasikan dengan BPBD Kota Mataram. Jumlahnya kita sesuaikan dengan stok yang ada," terang irwan.

Jumlah personel yang akan diturunkan dalam razia masker minimal 30 orang. Mereka akan turun pada sejumlah objek wisata di Mataram seperti Pantai Gading, Pantai Mapak, Loang Baloq, Tanjung Karang, Pantai Ampenan, dan Meninting termasuk di wisata religi yakni Makam Loang Balok dan Makam Bintaro.

"Selain melakukan razia masker, kita juga akan patroli khusus di sepanjang sembilan kilometer pantai Kota Mataram untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap para pengunjung," ujar Irwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement