Kamis 28 Apr 2022 21:23 WIB

Euforia Mudik dan Harapan Transisi ke Fase Endemi Covid-19

Euforia mudik tahun ini salah satunya bisa dipotret dari suasana di Stasiun Bandung.

Sejumlah calon penumpang berjalan menuju Kereta Api (KA) Pasundan di Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung, Rabu (27/4/2022). PT KAI Daop 2 Bandung mencatat pada H-5 menjelang Idul Fitri 1443 H jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Kiaracondong menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur sebanyak 3.200 penumpang. Foto: Republika/Abdan Syakura
Foto:

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, momentum mudik tahun ini bisa jadi penentu apakah Indonesia bisa bertransisi ke status endemi. Syaratnya, program mudik tahun ini sukses serta kasus Covid-19 tidak meningkat pascalibur Lebaran.

“Kalau mudik ini nanti sukses dalam arti perjalanannya tidak banyak kendala apalagi Covid tidak meningkat. Maka kita punya rasa kepercayaan diri untuk menuju endemi. Marilah kita support ramai-ramai mudik tahun ini sebagai momentum untuk Indonesia bangkit menuju sisa endemis,” kata Muhadjir saat melepas keberangkatan 686 bus program Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2022 di Terminal Jatijajar Depok, Kamis (28/4/2022).

Sementara itu, guna menunjang program mudik gratis untuk masyarakat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada seluruh Kementrian dan Lembaga (K/L) baik badan yang ada di BUMN, Swasta dan Ormas agar dapat memberikan tambahan fasilitas bus gratis.

“Kita mohon kepada para K/L, kalau tidak bisa memberikan 10 bus, minimal dua bus aja untuk menambah angkutan mudik gratis, karena K/L itu ada hampir 100 lebih,” ujar Menhub. 

Ia mengatakan, saat ini daya beli masyarakat belum maksimal sehingga ketersediaan bus gratis sangat dibutuhkan. Untuk itu pihaknya berencana akan mengirim surat bersama Polri untuk meminta bus tambahan kepada K/L.

“Saya berharap tambahan bus mudik ini bisa dilaksanakan. Karena permintaannya masih banyak namun suplai nya tidak ada. Bahkan tadinya diharapkan bus yang dari daerah bisa balik lagi ke Jakarta untuk mengambil penumpang,” jelas Budi.

Adapun sebanyak 686 bus angkutan lebaran dan 64 truk yang mengangkut 2.000 kendaraan bermotor telah diberangkatkan pada mudik gratis ini. 

“Untuk tahun 2022, bus hanya diberangkatkan ke 22 Kota yang tersebar di Jawa tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Karena terkendala anggaran 2022, jadi kita tidak menyelenggarakan mudik ke arah Sumatera,” tutup Budi.

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Suharyanto berpesan para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman supaya hati-hati. Pemudik juga diimbau supaya tidak tergesa-gesa ketika pulang kampung karena masa libur dan cuti lebaran 2022 masih panjang.

Berdasarkan pemantauan awal, pihaknya menilai penyeberangan Merak-Bakauheni masih tergolong lancar dan lengang. 

"Kendati demikian, kami mendapati jalur Jawa sudah mulai padat. Oleh karena itu, kami imbau para pemudik ketika perjalanan pulang harus tetap waspada dan hati-hati," ujarnya saat pemaparan konferensi virtual BNPB, Kamis (28/4/2022) petang.

Menurut Suharyanto, jangan sampai keinginan bertemu keluarga dan handai taulan malah berujung pada kesusahan karena pemudik tidak hati-hati dan waspada. Sehingga, BNPB berpesan pemudik tidak perlu terburu-buru. Ia meminta calon pemudik terlebih dahulu melihat kondisi lalu lintas, tidak perlu ingin terlebih dahulu berangkat pulang. 

"Karena kalau nanti mengakibatkan kemacetan maka nanti (waktu perjalanan) sampai tujuan juga panjang. Kembalinya juga jangan hari terakhir karena nanti pasti timbul kemacetan," katanya.

Ia mewanti-wanti masyarakat melaksanakan mudik dengan sebaik-baiknya, nikmati waktu libur dengan efektif dan efisien. Selain itu, tetap jaga kesehatan. 

"Ingat, pandemi Covid-19 meski angkanya sudah relatif menurun tetapi bukan berarti itu hilang dari kehidupan kita," ujarnya.

Ia mengingatkan, ancaman Covid-19 masih ada. Karena itu protokol kesehatan harus diterapkan dimanapun. Artinya memakai masker, jaga kebersihan, cuci tangan sudah harga mati. 

"BNPB dan seluruh pemerintah yang hadir tetap mendoakan semoga masyarakat yang mudik mencapai tujuan, tetap sehat, tetap selamat, dan selalu dalam lindungan Tuhan, dan Allah SWT," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement