Kamis 28 Apr 2022 20:42 WIB

Kapolri Ingatkan Pemprov Bali Perketat Prokes Saat Libur Lebaran

Terjadi peningkatan hunian akomodasi di Bali sebesar 53 persen.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Foto: Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dan pemangku kepentingan terkait untuk memperketat protokol kesehatan (prokes) selama libur idul Fitri 1443 Hijriah supaya tidak terjadi lonjakan Covid-19. "Kami semua harus mempersiapkan dari mulai prokes-nya, kemudian bagaimana masyarakat melaksanakan wisata di Bali bisa aman dan pascawisata kita menjaga Covid-19 tetap terkendali," kata Listyo Sigit dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Berdasarkan laporan yang diterima, dia mengatakan terjadi peningkatan hunian akomodasi di Bali sebesar 53 persen. Peningkatan itu diperkirakan akan terjadi pada Hari Raya Idul Fitri, mengingat Bali merupakan daerah tujuan wisata.

Baca Juga

Selain protokol kesehatan, dia juga mengingatkan seluruh jajarannya dan pihak terkait untuk menjaga keamanan wisatawan selama di Bali. Dalam kunjungan kerjanya di Bali, Listyo Sigit memantau pelaksanaan mudik di Pelabuhan Gilimanuk.

Dia mengatakan pergerakan penumpang lebih banyak yang meninggalkan Pulau Bali menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. "Arus mudik di wilayah Gilimanuk ini lebih banyak yang meninggalkan Pulau Bali menuju Ketapang, Banyuwangi, dibandingkan dengan yang masuk Bali. Rata-rata saya tanya sehari-hari (pemudik) bekerja di Bali," tambahnya.

Secara umum, tambahnya, terjadi peningkatan yang tidak signifikan dibandingkan saat hari biasa. Kapal yang disiapkan sebanyak 46 kapal dan saat ini sebanyak 29 unit kapal telah beroperasi. "Kami harapkan proses masuk kapal, kemudian perjalanan hingga turun, memang sesuai dengan SOP yang disampaikan sehingga semua berjalan baik," katanya.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kapolri mengapresiasi seluruh aparat di Bali yang bekerja dalam upayapercepatan vaksinasi Covid-19 dosis penguat atau booster. Berdasarkan laporan yang diterima, dia mengatakan capaian vaksinasi booster di Bali sudah lebih dari 50 persen.

Vaksinasi booster menjadisangat penting untuk menekan laju penularan Covid-19 mengingat Bali akan menghadapi event internasional pascalibur Lebaran."Ini modal menghadapi event internasional setelah lonjakan wisata di Bali, dan mudah-mudahan laju Covid-19 bisa dikendalikan. Terus berikan pelayanan terbaik ke masyarakat, khususnya yang mudik dan wisata di Bali. Hal ini agar semuanya aman, lancar, dan sehat," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement