Kamis 28 Apr 2022 18:23 WIB

Warga Antusias Tukar Uang Pecahan Jelang Idul Fitri

Penukaran uang rupiah recehan tersebut gabungan lima perbankan di Lampung

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah
BI Kantor Perwakilan Lampung gelar 10 gerai penukaran uang pecahan, Kamis (28/4)
Foto: Mursalim Yaslan/Republika
BI Kantor Perwakilan Lampung gelar 10 gerai penukaran uang pecahan, Kamis (28/4)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Lampung menggelar gerai tukar uang rupiah recehan di halaman depan kantornya, Kamis (28/4/2022). Warga sambut adanya lima gerai penukaran uang langsung (walk thru), dan lima gerai penukaran bergerak (drive thru) dengan aman dan nyaman.

Penukaran uang rupiah recehan tersebut gabungan lima perbankan di Lampung untuk melayani masyarakat yang akan merayakan hari raya Idul Fitri 1443. Kehadiran gerai penukaran uang tersebut dinilai sangat memudahkan masyarakat yang ingin mencari dan menukar uang recehan dengan fasilitas yang nyaman dan aman.

Baca Juga

Penukaran uang recehan dengan sistem drive thru dilakukan bagi warga yang membawa motor atau mobil langsung mendatangi lima gerai penukaran. Sedangkan penukaran langsung walk thru, warga langsung mendatangi gerai dengan mendapatkan nomor antrean.

“Penukaran uang rupiah recehan ini berlangsung dua hari, dan berakhir hari Kamis (28/4) ini tutup sampai pukul 12.00,” kata Herman, petugas penukaran uang di depan gerai BI, Telukbetung, Bandar Lampung, Kamis (28/4).

Ia mengatakan penukaran uang recehan mulai dari nominal Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000. Warga di Lampung dapat menukarkan uang rupiah maksimal jumlahnya Rp 3,5 juta. Kegiatan penukaran uang recehan ini untuk memudahkan masyarakat mendapatkan uang pecahan dengan aman dan nyaman.

Berdasarkan pemantauan Republika.co.id, Kamis (28/4), penukaran uang pecahan rupiah tersebut berlangsung tanpa ada kerumunan orang. Warga yang masuk pintu gerbang area Kantor BI Perwakilan Lampung diarahkan petugas sesuai dengan keperluan. Bagi yang ingin menukar uang pecahan secara drive thru diarahkan ke gerai atas, sedangkan warga yang ingin menukar uang langsung mendapatkan nomor antrean. Kegiatan penukaran uang tersebut mendapatkan penjagaan dan pengawalan aparat kepolisian, karena lokasi berada di Kantor BI.

“Kalau penukaran uang seperti ini dengan banyak gerai jadi enak dan mudah. Tidak lama antre karena ada lima gerai. Petugasnya pun cepat pelayanannya,” kata Dira (21 tahun), mahasiswa Unila yang menukar uang pecahan Rp 1 juta untuk Lebaran.

Dia mengatakan, waktu penukaran memang juga tepat pada ujung menjelang Lebaran, karena sesuai dengan kondisi masyarakat yang baru mendapatkan Tunjangan Hari Raya atau gaji pada ujung bulan ini. “Mudah-mudahan gerai penukaran uang pecahan seperti ini berlanjut tahun-tahun depan,” ujarnya.

Kepala BI Lampung Budiyono mengatakan, layanan drive thru dan walk thru dikaver delapan bank yang beroperasi di Lampung, yakni Bank Lampung, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BCA, CIMB Niaga, dan BSI.

Dia mengatakan sebelumnya BI juga telah melakukan layanan kas keliling penukaran uang pecahan di Pasar Panjang, Pelabuhan Bakauheni untuk melayani penumpang yang mudik. Selain itu, BI juga melakukan layanan penukaran di kantor-kantor pemerintahan, dan pasar-pasar tradisional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement