Senin 02 May 2022 06:30 WIB

Pemkab Bangka Barat Gencarkan Promosi Wisata Melalui TravTrip

Promosi pariwisata Bangka Barat jadi perhatian guna meningkatkan kunjungan wisata.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
TravTrip. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bersama PT Rumahawan Karya Indonesia melakukan kerja sama untuk menggencarkan promosi wisata melalui aplikasi TravTrip.
Foto: travtrip.co
TravTrip. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bersama PT Rumahawan Karya Indonesia melakukan kerja sama untuk menggencarkan promosi wisata melalui aplikasi TravTrip.

REPUBLIKA.CO.ID, MENTOK -- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bersama PT Rumahawan Karya Indonesia melakukan kerja sama untuk menggencarkan promosi wisata melalui aplikasi TravTrip.

"Kami berharap kerja sama dengan salah satu perusahaan swasta ini bisa mendongkrak kemajuan sektor pariwisata sehingga berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat dan daerah," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Bangka Belitung.

Baca Juga

Menurut dia, penggencaran promosi pariwisata Bangka Barat menjadi salah satu perhatian daerah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata yang selama dua tahun terakhir mengalami penurunan drastis karena pandemi Covid-19. "Melalui kerja sama dengan promosi di aplikasi TravTrip ini, kami berharap pariwisata daerah bisa kembali bangkit karena konten yang ditawarkan melalui aplikasi tersebut cukup lengkap dan mudah," kata Sukirman.

Selain menyediakan berbagai informasi objek destinasi wisata di Bangka Barat, dalam aplikasi tersebut juga tersedia infrastruktur pendukung lain yang disajikan secara lengkap dan rinci. "Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk membantu siapa saja yang ingin berwisata ke Bangka Barat, informasinya lengkap dan juga menyediakan informasi berbagai usaha mikro kecil dan menengah," ujarnya.

Selain itu, pihak pengelola aplikasi juga menyiapkan konten yang bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM Bangka Barat untuk berpromosi secara gratis. "Ini mempermudah akses layanan pariwisata dan UMKM, dan kami ingin membangun dengan memulai dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu tetapi langkah dan hasilnya nyata," kata Sukirman.

Kepala Divisi Penelitian dan Pengembangan PT Rumahawan Karya Indonesia, Ertika, menjelaskan, aplikasi TravTrip pertama kali diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada 2021. Aplikasi memuat informasi tempat pariwisata, restoran, persewaan mobil dan berbagai informasi pendukung lain untuk memudahkan pengguna layanan yang akan melakukan perjalanan wisata di suatu daerah.

"Selain itu, TravTrip juga bisa dimanfaatkan untuk pemesanan makanan sehingga memudahkan para konsumen di bidang UMKM. Harapannya melalui kerja sama dengan Pemkab Bangka Barat bisa bersama-sama membangun dan mengembangkan sektor pariwisata," kata Ertika.

Selain menjalin kerja sama dengan Pemkab Bangka Barat, TravTrip juga sudah menjalin kerja sama dengan Pemprov Babel dan Pemkot Pangkalpinang dalam bidang kepariwisataan. "Terkait layanan promosi UMKM sudah kami siapkan gratis, pelaku usaha bisa menawarkan berbagai produk usahanya. Mudah-mudahan langkah ini bisa membantu pelaku wisata dan pelaku UMKM di Bangka Barat," kata Ertika menjelaskan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement