Jumat 22 Apr 2022 08:58 WIB

Brigjen Bobby Rinal Makmun Promosi Jabat Pangdivif 1/Kostrad

Lulusan terbaik Akmil 1993, Seskoad, Sesko TNI promosi jadi Sahli Menhan Prabowo.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya Brigjen Bobby Rinal Makmun mendapat promosi menjadi Divisi Infanteri (Pangdivif) 1/Kostrad.
Foto: Dok Pendam Jaya
Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya Brigjen Bobby Rinal Makmun mendapat promosi menjadi Divisi Infanteri (Pangdivif) 1/Kostrad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mutasi di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali bergulir. Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menggelar mutasi dan promosi 91 perwira tinggi (pati) TNI Aangkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU). Di antara beberapa jabatan strategis yang digeser adalah Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1/Kostrad dari Mayjen Dedy Kusmayadi digantikan Brigjen Bobby Rinal Makmun. Bobby yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya akan naik bintang di posisi barunya.

Adapun posisi Kasdam Jaya akan ditempati Brigjen Edy Sutrisna, yang sebelumnya menduduki Wakil Asisten Intelijen KSAD Bidang Manajemen Intelijen. "Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/355/IV/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia ditetapkan di Jakarta pada tanggal 19 April 2022," demikian salinan keputusan yang diteken Jenderal Andika dan Kepala Sekretaris Umum (Kasetum) TNI Brigjen Edy Rochmatullah dikutip di Jakarta pada Jumat (22/4/2022).

Baca Juga

Selain itu, mutasi juga terjadi di lingkungan Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Kepala Biro Tata Usaha dan Protokol Sekretariat Jenderal Kemenhan Brigjen Rui FGP Duerte dipromosikan sebagai Kepala Satuan Pengawas Universitas Pertahanan (Kasatwas Unhan) menggantikan Mayjen Totok Sugiharto yang memasuki pensiun. Dengan begitu, Rui yang merupakan salah satu orang kepercayaan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan menyandang pangkat Mayjen.

Mutasi juga menimpa Staf Ahli (Sahli) Menhan Bidang Keamanan Marsda Erwin Buana Utama yang memasuki usai purnatugas. Jabatan tersebut akan diduduki Brigjen Bambang Trisnohadi yang sebelumnya menjabat Inspektur Pusat Teritorial Angkatan Darat. Dengan posisi barunya, Bambang selaku peraih peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik Akmil 1993), lulusan terbaik Seskoad, dan terbaik Sesko TNI akan menyandang pangkat bintang dua.

Khusus Sahli Menhan Bidang Keamanan, proses promosi yang didapat Bambang harus menunggu Keputusan Presiden (Keppres) Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Sertijab menunggu keppres," demikian salinan mutasi yang didapatkan Republika tersebut.

Posisi Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Kapusdatin) Kemenhan Brigjen Dede Mulyana digeser menjadi Kepala Pusat Pendidikan Latihan Manajemen Pertahanan (Kapusdiklat Jemenhan) Badiklat Kemenhan. Kolonel Rionardo yang sebelumnya menjabat Perwira Pembantu (Paban) VII/Binjemen Staf Perencanaan Angkatan Darat (Srenad) promosi menjabat Kapusdatim Kemenhan.

Kemudian, Brigjen Teddy Surachmat mendapatkan promosi dari Kepala Biro SDM Sekretariat Utama BIN menjadi Deputi I Bidang Intelijen Luar Negeri BIN. Brigjen Daru Cahyono juga promosi dari Kepala BIN Daerah Papua menjadi Staf Ahli Bidang SDA dan Lingkungan Hidup BIN. "Sertijab menunggu keppres," demikian proses mutasi Teddy dan Daru yang harus menunggu keppres dari Presiden Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement