Kamis 21 Apr 2022 22:24 WIB

Jelang Arus Mudik, Puluhan Ruas Jalan di Tangerang Diperbaiki

Puluhan ruas jalan di Kota Tangerang diperbaiki menjelang arus mudik.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Pekerja sedang melakukan perbaikan di jalan Tol Tangerang-Merak, Banten. Puluhan ruas jalan di Kota Tangerang diperbaiki menjelang arus mudik.
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pekerja sedang melakukan perbaikan di jalan Tol Tangerang-Merak, Banten. Puluhan ruas jalan di Kota Tangerang diperbaiki menjelang arus mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang melakukan perbaikan jalan di Kota Tangerang menjelang momen arus mudik Lebaran 1444 Hijriyah. Ada puluhan ruas jalan kota, bahkan hingga jalan nasional di wilayah tersebut yang diperbaiki untuk menunjang kelancaran mudik pada tahun ini.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Dinas PUPR Kota Tangerang Dody Adriansyah mengatakan, jelang mudik Lebaran 2022 kali ini pihaknya memperbaiki sebanyak 25 ruas jalan kota yang bakal dilintasi oleh para pemudik.

Baca Juga

Ruas-ruas jalan tersebut terutama jalan penghubung antar kota, jalur menuju tol, serta jalur pendukung mobilitas di bidang kesehatan.

"PUPR sudah mengerahkan petugas untuk menyisir dan menandai lubang-lubang yang ada di 25 ruas jalan tersebut. Bahkan petugas PUPR Kora Tangerang juga dikerahkan untuk membantu menyisir jalur provinsi dan nasional yang dikoordinasikan untuk juga diperbaiki," ujar Dody, Kamis(21/4/2022).

Ke-25 ruas jalan kota yang diperbaiki yakni Jalan Daan Mogot, Jalan H Agus Salim, Jembatan Satri, Jembatan TMP Taruna, Jalan Sitanala, Jalan Bouraq, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan Arya Wasangkara.

Lalu Jalan GJA, Jalan Pajajaran, Jalan Benteng Betawi, Jalan Ki Hajar Dewantoro, Jalan Halim Perdanakusuma, Jalan Prof Hamka, dan Jalan Inpres.

Selain itu juga, Jalan Kyai Maja, Jalan Rasuna Said, Jalan Cadas Bayur, Jalan Moh Toha, Jalan K S Tubun, Jalan Suryadharma Ali, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan H Masur, dan Jalan Puri Beta, serta Jalan Siliwangi.

Perbaikan ruas-ruas jalan tersebut dilakukan sejak pekan kedua bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah. Menurut catatannya, hingga saat ini sudah ada 17 ruas jalan kota yang telah diperbaiki, sementara delapan ruas jalan masih dalam proses pengerjaan perbaikan.

Dody mengatakan, dalam implementasinya, metode perbaikan jalan yang digunakan sesuai dengan kondisi kerusakan yang terjadi di masing-masing titik ruas jalan. Dia menyebut akan melakukan perbaikan besar pada ruas jalan dengan tingkat kerusakan mencapai 60 persen hingga 80 persen.

"Untuk lubang-lubang yang membahayakan dilakukan perbaikan tambal. Dengan perbaikan-perbaikan itu, 25 ruas jalan kota yang berpotensi tinggi dilalui para pemudik bisa dipastikan kondisi jalannya baik, aman, dan layak digunakan," ujar dia.

Dody melanjutkan, selain perbaikan 25 ruas jalan kota, pihaknya juga berencana memperbaiki beberapa ruas jalan provinsi serta jalan nasional. Ada lima ruas jalan provinsi yang rencananya akan diperbaiki, yakni Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, Jalan Hos Cokroaminoto, Jalan Raden Saleh, dan Jalan Raden Fatah. Sementara untuk jalur nasional yakni Jalan Otista, Jalan Merdeka, dan Jalan Gatot Subroto.

"PUPR Kota Tangerang terus berkoordinasi dengan Provinsi (Banten) dan Pusat. Alhamdulillah Provinsi akan lakukan pengerjaannya mulai malam ini, begitu juga dengan Nasional. PUPR Kota Tangerang akan ikut mendampingi proses perbaikannya," kata dia.

Dody menambahkan, pihaknya juga menampung laporan dari masyarakat terkait kerusakan jalan untuk menunjang kelancaran mobilitas masyarakat, terutama momen mudik. Masyarakat dapat melaporkannya melalui aplikasi Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (Laksa).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement