Jumat 22 Apr 2022 01:01 WIB

JIS Tampung Hingga 8.000 Jamaah Sholat Idul Fitri

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dijadwalkan akan sholat Idul Fitri di JIS

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nur Aini
Suasana pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, ilustrasi
Foto: Antara/Aprilio Akbar
Suasana pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara akan digunakan sebagai salah satu lokasi sholat Idul Fitri. Kapasitas maksimal jamaah yang ditampung mencapai 8.000 orang.

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta Aceng Zaini mengatakan, Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, mampu menampung hingga delapan ribu jamaah. Menurut dia, kapasitas itu akan meliputi lokasi ramp barat dan ramp timur.

Baca Juga

“Kan awalnya 5.000-6.000. Tapi kalau membludak, kita bisa geser sampai belakang nyambung ke ramp timur. Maksimalnya 8.000, kita antisipasi saja,” kata Aceng kepada awak media, Kamis (21/4/2022).

Bagi masyarakat yang hendak melakukan ibadah di JIS, Aceng mengatakan, ada seribu kapasitas parkir kendaraan roda dua yang disiapkan pihaknya. Sementara mobil, ada 1.900 dan 12 lainnya VIP.

Menyoal banyaknya animo masyarakat, Aceng juga menyarankan warga yang hendak datang untuk menggunakan transportasi umum. Menurut dia, halte TransJakarta juga telah disiapkan lebih jauh untuk melayani penumpang pada hari pelaksanaannya.

Di sekeliling JIS, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan PAM Jaya untuk menyiapkan beberapa titik tempat wudhu. Hal itu, dilakukan dengan pengecekan dan titik pemasangan tempat wudhu pada pekan depan.

“Mobil toilet juga kita siapkan 8-10 di situ, karena massa kan 6.000-8.000, sementara toilet di dalem kan harus naik dulu, agak jauh,” ujarnya.

Dia memastikan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, juga akan sholat Idul Fitri di Jakarta International Stadium. Menurutnya, sejauh ini Pemprov DKI sudah melakukan berbagai persiapan guna ibadah salat Idul Fitri di JIS.

“Kalau Pak Anies pastinya datang pas sholat Idul Fitri,” katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement