Selasa 19 Apr 2022 22:40 WIB

Kapolda Jabar: Pemudik Jangan Paksakan Diri Sampai Kampung Halaman

Kapolda Jabar mengimbau pemudik jangan paksakan diri untuk sampai kampung halaman.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Bilal Ramadhan
Kepala Polda Jawa Barat (Kapolda Jabar), Irjen Suntana mengimbau pemudik jangan paksakan diri untuk sampai kampung halaman.
Foto: Dok Humas Polri
Kepala Polda Jawa Barat (Kapolda Jabar), Irjen Suntana mengimbau pemudik jangan paksakan diri untuk sampai kampung halaman.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Para pemudik yang melintasi wilayah Jawa Barat diminta untuk mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Mereka diimbau untuk beristirahat jika merasa lelah.

"Hati-hati dalam mengemudi dan tidak usah memaksakan untuk cepat-cepat sampai. Kalau capek, silakan gunakan sarana istirahat yang ada di sepanjang jalur. Walaupun tidak cepat-cepat, tapi selamat sampai tujuan," ujar Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana, di sela pengecekan jalur pantura di Kabupaten Indramayu, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga

Suntana pun meminta agar pos pengamanan dan pos pelayanan bisa menjadi tempat transit bagi para pemudik untuk melepas lelah. Untuk itu, di tempat tersebut diharapkan ada sentra vaksinasi, tempat istirahat, tempat pijat maupun MCK yang memadai.

"Jadi pemudik yang kelelahan akibat mengemudi bisa merasa nyaman dan bugar kembali setelah beristirahat," kata Suntana.

Selain itu, Suntana juga mengingatkan pemudik untuk memastikan kondisi kesehatan mereka bugar dan bisa mengemudi kendaraan dalam keadaan sehat. Tak hanya itu, kondisi kendaraan juga harus dicek dan dipastikan benar-benar laik untuk digunakan mudik.

"Dan kepada pengguna roda dua, tolong jangan bawa beban yang terlalu banyak," tutur Suntana.

Suntana mengatakan, dalam pengecekan tersebut, pihaknya melaksanakan pengecekan jalur sepanjang perbatasan Bekasi-Karawang hingga perbatasan Cirebon-Jateng. Dia menyatakan, tujuan pengecekan jalur itu untuk memastikan kondisi jalan raya atau jalur arteri cukup layak digunakan para pemudik.

Selain memastikan kondisi jalan, Suntana juga mengecek kondisi penerangan jalan umum (PJU) agar tetap terang di malam hari. Dia pun memastikan pos pam, pos terpadu dan pos pelayanan yang tersebar di sepanjang jalur untuk memberikan bantaun dan pelayanan kepada pemudik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement