Kamis 14 Apr 2022 13:39 WIB

Pengamat: Keputusan Lanjutkan Khofifah-Emil Langkah Cerdas

Pengamat politik sebut keputusan untuk melanjutkan Khofifah-Emil jadi langkah cerdas.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak. Pengamat politik sebut keputusan untuk melanjutkan Khofifah-Emil jadi langkah cerdas.
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak. Pengamat politik sebut keputusan untuk melanjutkan Khofifah-Emil jadi langkah cerdas.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pengamat politik asal Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam, menilai keputusan Fraksi Demokrat DPRD Jatim yang sepakat melanjutkan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sebagai gubernur dan wakil gubernur dua periode merupakan langkah cerdas.

"Keputusan itu adalah cerdas dan yang memiliki inisiatif sangat memahami peta politik ke depan," ujar dia.

Baca Juga

Menurut dia, hingga kini tak ada satu partai politik pun yang berani menyatakan dukungan untuk pasangan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), kendati masih digelar pada akhir 2024.

"Namun, justru ini yang menjadi nilai tambah. Suara partai pada Pemilu Legislatif yang digelar Februari 2024 akan terungkit. Apalagi diketahui bersama bahwa pasangan petahana akan lebih menjadi daya tarik," ucapnya.

Tak hanya itu, posisi Demokrat di Jatim yang disebutnya partai menengah, akan terdongkrak dengan keputusan mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sejak awal.

Pengamat yang juga dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) UTM tersebut menilai akan terjadi banyak keuntungan bagi Demokrat karena berani menyatakan dukungan di Pilkada 2024.

Pertama, kata dia, Demokrat akan dikenal sebagai partai inisiator untuk pasangan Khofifah-Emil, lalu menjadi responsif sekaligus memberi nuansa baru karena berani mengambil momentum yang sekaligus membuat persiapan lebih baik.

Berikutnya, Demokrat mencoba untuk tidak bergantung ke partai politik lain sehingga bisa meninggalkan kesan kalem menjadi partai inisiator. "Keuntungan lainnya, pengurus dan kader juga lebih mudah konsolidasi, lalu memiliki posisi yang sudah terang karena sudah memutuskan," kata akademisi sekaligus peneliti senior asal Surabaya Survei Center itu.

"Posisi sebagai partai pertama yang mengusung akan menjadi modal berharga karena yang lain belum mengumumkan. Ini juga bagus karena Demokrat menurut saya tidak boleh terlalu kalem, tapi harus lebih agresif," tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim Agung Mulyono menyatakan kesepakatan mengusung pasangan Khofifah-Emil sebagai pemimpin di Jatim periode 2024-2029 tertuang usai dilakukan pertemuan internal beberapa hari lalu.

Menurut politikus yang juga seorang dokter tersebut, Gubernur Khofifah dinilai berhasil sebagai pemimpin, termasuk sukses menanggulangi Covid-19, lalu mampu cepat bangkit dan membuat sektor ekonomi terjaga.

Selain itu, beragam penghargaan dari Pemerintah Pusat maupun lembaga-lembaga lainnya membuktikan bahwa Jatim di bawah kepemimpinan Khofifah-Emi Dardak sangat diakui berbagai pihak.

"Hampir semua hal yang mempengaruhi 11 faktor Indeks Kinerja Utama (IKU) di Jatim dapat tercapai di era kepemimpinan beliau berdua. Sehingga tak ada alasan untuk tidak melanjutkan duet yang sangat klop ini di Pilkada tahun 2024," tutur dr Agung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement