Jumat 08 Apr 2022 15:06 WIB

Program Human Initiative Jangkau 640.774 Penerima Manfaat

Human Initiative berkomitmen memberdayakan masyarakat Indonesia

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Presiden Human Initiative Tomy Hendrajati (tengah) bersama Ketua Panitia Kurban Human Initiative 2022 Mardi Sahendra (kiri) dan Ketua Umum Bike To  Work Indonesia Fahmi Saimima memberikan paparan saat peluncuran program Ramadhan Bulan Kita Berbagi di MTH 27 Office Suites, Jakarta, Ahad (27/3/2022). Human Initiative meluncurkan program Bulan Kita Berbagi bertajuk Kejar Pahala Ramadhan: Bulan Kita Berbagi dan Berbagi 1000 Paket untuk Yatim dan Dhuafa dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Republika/Putra M. Akbar
Foto:

Dalam forum tersebut, Tomy juga menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 memberikan pelajaran bagi semuanya. Begitu banyak hal yang selama ini tidak pernah dibayangkan, kemudian semuanya harus beradaptasi dengan cepat termasuk Human Initiative.

"Kami harus banyak beradaptasi kemudian kami menjadikan agile organization pilar strategi dalam bekerja, tim-tim kecil yang kami buat diharapkan bisa bekerja dengan cepat dan beradaptasi dengan situasi yang ada," jelasnya.

Dia juga mengungkapkan, pada 2021 capaian kolaborasi yang dibangun Human Initiative mampu menjangkau 640.774 penerima manfaat. Ini angka yang tidak bisa dicapai kalau bekerja sendirian, ini hanya bisa dicapai kalau berkolaborasi. Penerima manfaat tersebut tersebar di 3.374 titik lokasi dengan 25 program Human Initiative.

Tomy berharap, Human Initiative bisa menjangkau 886.000 penerima manfaat, ini tentu tantangan besar. Untuk itu Human Initiative terus menguatkan masyarakat dengan program pemberdayaan masyarakat.

"Ada sekitar 31 UMKM yang mungkin secara angka tidak terlalu besar tapi ini adalah titik awal bagi kami yang menjangkau 37 kota di Indonesia, kami membuat sebuah platform digital yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk penjualan produk UMKM binaan Human Initiative," kata Tomy.

Di tempat yang sama, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro (Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah), Rulli Nuryanto, mengatakan, jumlah pelaku UMKM sekitar sebesar 65 juta. Mereka bisa memberi sumbangan terhadap penyerapan tenaga kerja sebesar lebih dari 97 persen.

"Dengan jumlah 65 juta pelaku UMKM, mereka adalah pelaku usaha terbesar di Tanah Air, lebih dari 99 persen. Dan mampu memberi sumbangan kepada PDB nasional sekitar 60,5 persen dan investasi sebesar kurang lebih 60 persen dari jumlah investasi nasional, melihat posisi tersebut, tergambar pentingnya dan strategisnya posisi UMKM dan koperasi di perekonomian Indonesia," jelas Rulli.

 

Dia  mengatakan, walau harus diakui para pelaku UMKM sebagian besar masih merupakan bagian dari ekonomi subsistensi, bersifat informal, masih kurang literasi usaha, minim inovasi dan masih bermain di sisi hilir yang sangat rawan dan mudah dikalahkan oleh pelaku usaha besar. UMKM juga masih minim terhubung dalam rantai pasok.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement