Sabtu 02 Apr 2022 14:02 WIB

Pelepasan Program OJT Bagi Siswa SMK di Universitas BSI Kampus Solo

Enam siswa SMK Negeri 1 Klaten telah melaksanakan tugas OJT di Universitas BSI

Enam siswa SMK Negeri 1 Klaten telah melaksanakan tugas OJT di Universitas BSI.
Foto: UBSI
Enam siswa SMK Negeri 1 Klaten telah melaksanakan tugas OJT di Universitas BSI.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau OJT (On the Job Training) merupakan salah satu bentuk kegiatan di mana para siswa ditempatkan pada perusahaan untuk mengenalkan lingkungan kerja serta belajar mengaplikasikan ilmu teori yang didapatkan di dalam kelas.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memiliki peranan dalam peningkatan ilmu dan pengetahuan para pelajar. Dalam peranan tersebut, penerimaan program OJT menjadi salah satu program yang telah memberikan manfaat ke pada siswa sekolah, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Baca Juga

Seperti yang dilaksanakan oleh enam siswa OJT dari SMK Negeri 1 Klaten di Universitas BSI kampus Solo. Pada Senin (28/3/2022) telah dilakukan pelepasan oleh yang diwakili oleh Ahmad Fauzi dan Galih Setiawan selaku dosen Universitas BSI kepada guru SMK Negeri 1 Klaten Susy Susanti. Mereka telah melaksanakan tugas OJT di Universitas BSI kampus Solo kurang lebih selama tiga bulan.

Galih Setiawan selaku dosen Universitas BSI kampus Solo sekaligus mentor dari siswa OJT tersebut menyampaikan secara garis besar peserta magang adalah siswa dan siswi berpotensi tinggi dan good attitude. Hanya saja tetap perlu dukungan, arahan, dan bimbingan yang positif.

“Masing-masing memiliki kelebihan di aspek tertentu dan kurang pada aspek yang lain. Sehingga memengaruhi inisiatif dan kemampuan kerja mereka,” ungkap Galih, Senin (28/3/2022).

Menurutnya, keenam siswa SMK Negeri 1 Klaten ini memiliki kemampuan yang kuat dalam kejurusan yang mereka pilih di sekolah yakni multimedia broadcasting. Guru pembimbing SMK Negeri 1 Klaten Susy Susanti mengungkapkan pihak sekolah pun sudah melakukan evaluasi terhadap Universitas BSI sebagai tempat OJT dan hasilnya adalah baik.

“Terima kasih kepada pihak Universitas BSI kampus Solo karena telah membimbing siswa SMK Negeri 1 Klaten. Kami berharap mereka dapat mengimplementasikan ilmu yang dipelajari di sekolah sesuai dengan dunia kerja,” kata Susi.

Ahmad Fauzi selaku dosen Universitas BSI kampus Solo menyampaikan apresiasinya terhadap keberadaan siswa OJT yang telah banyak membantu dalam pelaksanaan teknis tugas-tugas dokumentasi untuk bagian marketing dan komunikasi selama tiga bulan ini. “Semoga semua siswa OJT dari SMK Negeri 1 Klaten tetap mampu menjaga silaturahmi dengan para civitas akademika Universitas BSI kampus Solo,” tandas Fauzi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement