Senin 28 Mar 2022 20:42 WIB

Masjid At-Thohir LA Didedikasikan untuk Pendidikan Generasi Muda RI

Masjid itu menjadi simbol pemersatu hubungan manusia.

Peresmian Masjid At-Thohir, Los Angeles, Amerika Serikat
Foto: Irfan Junaidi/Republika
Peresmian Masjid At-Thohir, Los Angeles, Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN RI Erick Thohir kembali membuat bangga umat muslim Indonesia. Erick Thohir bersama keluarga besarnya, baru saja meresmikan Masjid At-Thohir di Los Angeles (LA), Amerika Serikat (AS).

Peresmian ini diresmikan langsung Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI untuk AS, Rosan Roeslani. Dalam sambutannya, Ia mengatakan  Masjid At-Thohir di LA didedikasikan untuk mengembangkan generasi muda Indonesia di Los Angeles.

“Dengan izin Allah SWT dan mengucap ‘Bismillahirrahmanirrahim’, saya buka Masjid At-Thohir ini. Semoga acara-acara untuk generasi muda kita akan berkembang dan mempererat silaturahim,” ujar Rosan, Los Angeles, pukul 11.00 waktu setempat, Ahad (27/3/2022).

Kehadiran masjid bernuansa putih dan berlantai dua ini, bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, tak hanya untuk warga negara Indonesia (WNI) dan menjadi simbol pemersatu hubungan manusia, sebagai wujud Islam Rahmatan Lil 'Alamin. “Juga bisa berdampak positif, tidak hanya untuk komunitas muslim, tapi juga untuk komunitas agama lain,” tutur Rosan.

Ia pun menyampaikan banyak terima kasih kepada keluarga almarhum Mochamad Thohir, ayah dari Erick Thohir. Menurut Rosan, keluarga Thohir adalah teladan yang pantas ditiru, karena selalu mencoba menjadi insan yang bermanfaat, dengan terus memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat.

“Saya melihat keluarga besar beliau selalu memberikan sumbangsih yang nyata dalam segala aspek. Keberadaan masjid ini kontribusi nyata keluarga Pak Thohir dan masyarakat muslim di sini,” tutup Rosan.

Dengan demikian, Masjid At-Thohir yang ada di Jalan Kenmore, di pusat kota LA ini menjadi masjid ke-6 Indonesia yang berdiri di AS. Masjid ini memiliki luas bangunan sekitar 650 meter persegi, di lahan seluas sekitar 1.000 meter persegi, dengan memiliki ruang utama untuk salat berkapasitas 250 jemaah, aula pertemuan yang berkapasitas 250 orang, serta 4 ruang kelas tempat belajar anak-anak dan para remaja muslim Indonesia.

Selain Rosan dan Boy Thohir, turut hadir dalam peresmian ini, Konjen RI untuk LA Saud Krisnawan, mantan Dubes RI untuk AS Sonny Bowoleksono, Ketua Yayasan Indonesia Muslim Foundation (IMFO) Dwirana Satyavat dan rombongan dari Indonesia. Erick Thohir sendiri harus absen dalam peresmian, karena harus menjalankan tugas negara di Indonesia dan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersiapkan acara G20 di Bali.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement