Senin 28 Mar 2022 03:20 WIB

Sambut Ramadhan, SPKA Gelar Sosialiasi Keselamatan Hingga Cuci Lokomotif

Sosialiasi tentang keselamatan di perlintasan Jalan bagi para pengguna jalan

Rep: lilis sri handayani/ Red: Hiru Muhammad
Bulan Ramadhan segera tiba. Sebagai wujud rasa syukur menyambut bulan suci, PT KAI Daop 3 Cirebon bersama Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) dan Komunitas Pecinta KA ‘Edan Sepur – Cirebon’, menyelenggarakan berbagai kegiatan seputar perkeretaapian.
Foto: istimewa
Bulan Ramadhan segera tiba. Sebagai wujud rasa syukur menyambut bulan suci, PT KAI Daop 3 Cirebon bersama Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) dan Komunitas Pecinta KA ‘Edan Sepur – Cirebon’, menyelenggarakan berbagai kegiatan seputar perkeretaapian.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Bulan Ramadhan segera tiba. Sebagai wujud rasa syukur menyambut bulan suci, PT KAI Daop 3 Cirebon bersama Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) dan Komunitas Pecinta KA ‘Edan Sepur – Cirebon’, menyelenggarakan berbagai kegiatan seputar perkeretaapian.

Ketua Umum SPKA, Edi Suryanto, menjelaskan, kegiatan yang digelar itu berupa sosialiasi tentang keselamatan di perlintasan yang dilaksanakan di perlintasan Jalan Kartini – Cirebon. Melalui sosialisasi itu, mereka kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya budaya disiplin berlalu lintas, terutama saat akan melintas di perlintasan.

Baca Juga

Selain sosialisasi, mereka juga membagikan 500 buah souvenir berupa boneka, stiker dan masker kepada para pengguna jalan raya yang melintas di Jalan Kartini.‘’Semoga dengan kegiatan simpatik tersebut, dapat menggugah masyarakat agar selalu mematuhi rambu lalu lintas ketika melintas di perlintasan sebidang,’’ tukas Edi.

Di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang pada 2018 tercatat ada 35 kejadian, pada 2019 sebanyak 22 kejadian, pada 2020 mencapai sembilan kejadian dan pada 2021 ada delapan kejadian.

Setelah acara di perlintasan, mereka melanjutkannya acara cuci lokomotif di Dipo Lokomotif Cirebon. Secara antusias, para pecinta KA bersama para anggota SPKA melaksanakan kegiatan cuci Lokomotif CC 201 83 31 yang bermotifkan Livery Vintage, yang menjadi ikon lokomotif versi jadul / heritage.Motif Livery Vintage sempat menghiasi motif lokomotif oleh KAI selama 38 tahun (1953 - 1991). Motif itu kembali diluncurkan pada lokomotif jenis CC 201 83 31 pada 28 Februari 2021.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, menambahkan, sebagai penutup rangkaian acara semarak menyambut bulan suci Ramadhan 1443H itu, diadakan santunan kepada anak yatim dan doa bersama."Semoga pada bulan Ramadhan tahun ini, bangsa Indonesia bisa segera mengatasi persoalan pandemi Covid -19, dan transportasi perkeretaapian selalu dilimpahkan dengan keselamatan serta kelancaran selalu. Marhaban Yaa Ramadhan 1443 H," kata Suprapto. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement