Rabu 23 Mar 2022 06:28 WIB

Harga Minyak Goreng Curah di Medan Tembus Rp 18 Ribu/Liter

Harga minyak goreng curah di pasar tradisional Medan meroket

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Seorang pedagang minyak goreng curah menunggu kiosnya. Harga minyak goreng curah telah menembus Rp 18 ribu per liter di Medan. Ilustrasi.
Foto: Republika/Bayu Adji
Seorang pedagang minyak goreng curah menunggu kiosnya. Harga minyak goreng curah telah menembus Rp 18 ribu per liter di Medan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN - Harga minyak goreng curah pada sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Sumatera Utara terpantau melambung. Harga minyak goreng curah telah menembus Rp 18 ribu per liter.

"Harga minyak goreng Rp 18 ribu per liter yang curah di Kota Medan," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Emilia Lubis di Medan, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga

Melambungnya harga komoditas ini terjadi tepat sepekan setelah pemerintah mencabut harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng sawit baik curah, kemasan sederhana, maupun kemasan premium. Kementerian Perdagangan per 16 Maret 2022 menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.11/2022 mencabut ketentuan HET Permendag No.06/2022 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng.

Dalam Permendag No.11/2022, pemerintah melepas harga minyak goreng kemasan baik sederhana dan premium ke pasar. Sedangkan minyak goreng curah diberikan subsidi dengan HET sebesar Rp 14 ribu per liter atau Rp 15.500 per kilogram.

"Yang (minyak goreng) kemasan sederhana sudah sampai Rp 25 ribu hingga Rp 28 ribu per liter. Karena kemasan ini kan sudah dilepas ke mekanisme pasar," terang Emilia.

Ia mengaku hingga kini persediaan kebutuhan minyak goreng baik curah maupun kemasan sederhana dan premium di tingkat distributor dan gudang mencapai 2.238 ton. "Stok minyak goreng itu cukup untuk 1,5 bulan dan pabrik masih terus memproduksi. Kalau kebutuhan di Kota Medan 1.826 ton per bulan," ucap Emilia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement