Selasa 15 Mar 2022 12:50 WIB

Pengamat Politik Asep Yusuf Warlan Meninggal Dunia

Prof Asep selalu tampil sebagai pribadi yang selalu ceria, suka ngabodor, bercanda. 

Rep: M Fauzi Ridwan/Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Pakar hukum Unpar Asep Warlan Yusuf (kanan).
Foto: Antara
Pakar hukum Unpar Asep Warlan Yusuf (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Pengamat politik dari Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung Prof Asep Yusuf Warlan meninggal dunia, di ruang ICU RSHS, Selasa (15/3/2022). Kampus Unpar membenarkan informasi tersebut dan informasi yang dihimpun jenazah berada di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Rektor Unpar Mangadar Situmorang turut berdukacita dan kehilangan atas kepulangan Prof Asep Warlan. Sosok almarhum dikenal sebagai tokoh intelektual, cendekiawan ilmu hukum yang cerdas serta bersahabat dengan siapapun.

"Beliau merupakan figur cendekiawan yang tidak saja berkutat dengan tugas pengajaran dan pendidikan," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (15/3/2022).

Dia melanjutkan, Prof Asep dikenal pula sebagai seorang peneliti dan pegiat akademik yang banyak berbicara di forum akademik tingkat Jawa Barat maupun nasional. Tidak hanya itu, almarhum memiliki jejaring kerja lintas ilmu, lintas organisasi, lintas agama.

 

"Beliau adalah seorang ilmuwan hukum yang sangat cerdas, kritis, tetapi tetap terbuka dan menghargai berbagai ragam perbedaan pendapat," katanya.

Rektor menyebut, pendapat hukum atas berbagai isu kenegaraan, politik dan pembangunan di nanti banyak pihak dan menjadi sumber pencerahan. Selain itu, almarhum adalah guru dan sekaligus sahabat, baik bagi sesama dosen, tenaga kependidikan maupun para mahasiswa.

"Prof Asep selalu tampil sebagai pribadi yang selalu ceria, suka ngabodor, bercanda. Pribadi yang luar biasa. Dengan gayanya yang sangat khas, perbedaan pendapat atau bahkan pertentangan pandangan yang sangat tajam bisa segera diredakan dan menjadi cair," katanya.

Selain itu, Prof Asep menunjukkan keteladanan kemanusiaan yang luar biasa, khususnya dalam menghargai perbedaan. Dia mengatakan, setiap orang yang mengenal beliau dengan baik, akan sangat merasa kehilangan.

"Selamat jalan Prof Asep Warlan. Terima kasih atas kebaikan dan keteladanan kecendekiawanan dan kemanusiaan. Semoga bapak beristirahat damai di surga," kata Rektor.

Dekan FH Unpar Dr iur Liona Nanang Supriatna SH MHum pun menyampaikan dukacita mendalam atas kepergian Prof Asep Warlan. "FH UNPAR sangat kehilangan Prof yang baik dan humoris ini. Semoga tenang di Surga," kata Liona.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement