Sabtu 12 Mar 2022 12:31 WIB

PMI Kota Depok Imbau Warga, Khususnya Golongan Darah AB untuk Donor

Stok golongan darah AB di Markas PMI Kota Depok tinggal dua labu.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menunjukkan kantong berisi darah pendonor di ruang layanan donor darah PMI Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (9/5/2020).
Foto: ASPRILLA DWI ADHA/ANTARA FOTO
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menunjukkan kantong berisi darah pendonor di ruang layanan donor darah PMI Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (9/5/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok berupaya menambah stok darah dengan menggiatkan pelayanan donor darah keliling menjelang Ramadhan. Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi'raz mengatakan, unit pelayanan keliling akan dikerahkan untuk mendatangi komunitas serta instansi guna memberikan pelayanan bagi warga yang hendak menyumbangkan darah.

"Kami terus membangun komunikasi dengan komunitas seperti komunitas pencak silat, komunitas motor, komunitas gowes, serta instansi vertikal, seperti TNI, polres, polsek, dan juga perusahaan swasta," katanya di Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (12/3/2022).

Selain itu, menurut dia, PMI Kota Depok akan menyampaikan surat ke gereja-gereja untuk menawarkan penyediaan pelayanan donor darah bagi jemaat gereja. "Kami fasilitasi semuanya dengan mengajak jemaat gereja untuk melakukan donor darah demi menyelamatkan sesama. Mudah-mudahan upaya ini didukung berbagai pihak sehingga stok darah akan tetap aman," kata Dudi.

Dia menuturkan, PMI Kota Depok selain memenuhi kebutuhan darah di Kota Depok, juga melayani permintaan darah dari warga daerah sekitarnya, seperti Jakarta dan Bogor. "Siapa pun yang meminta tidak bisa kita tolak," kata Dudi.

Menurut Dudi, warga sebaiknya menyumbangkan darah, khususnya dengan golongan darah AB. Hal itu lantaran karena stok darah AB sudah menipis, sementara permintaan dari rumah sakit banyak. Dia mengatakan, pada Jumat (11/3/2022) pukul 08.40 WIB stok darah golongan A tinggal tiga labu, darah golongan B tinggal 10 labu, darah golongan AB tinggal dua labu, dan darah golongan O tinggal tujuh labu.

"Jumlah ini terus menurun seiring meningkatnya permintaan," kata Dudi. Warga yang ingin menyumbangkan darah bisamendatangi Markas PMI Kota Depok di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City, daripukul 08.00 sampai 20.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement