Jumat 11 Mar 2022 16:02 WIB

Haji Muchamad Thohir, Sosok Ayah yang Menginspirasi Erick Thohir

Rezeki sudah diatur oleh Allah SWT, yang bisa kita dicari dengan usaha.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ilham Tirta
Muhammad Teddy Thohir.
Foto: Republika/Wihdan
Muhammad Teddy Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Almarhum Haji Muchamad Teddy Thohir menampilkan karakter yang begitu kuat pada anak-anaknya. Bagaimana tidak, sosoknya telah menjadi inspirasi bagi kesuksesan putra putrinya, salah satunya Menteri BUMN, Erick Thohir.

Di mata Erick, almarhum Teddy Thohir merupakan sosok yang luar biasa buat keluarga. Haji Muchamad Thohir menjadi teladan sekaligus menginsiprasi anak-anaknya untuk mengejar cita-cita melalui pendidikan.

Baca Juga

“Almarhum bapak saya, Haji Muchamad Thohir adalah figur yang tentu luar biasa buat kami, karena beliau itu merantau sejak kecil dari umur 10-11 tahun untuk mencari pendidikan dan dia percaya bahwa pendidikan adalah kunci sukses,” ujar Erick usai menggelar video mapping di Masjid At-Thohir, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Kamis (10/3/2022), malam.

Menurut Erick, perjuangan Haji Muchamad Thohir selalu menginspirasi dalam mengaruhi kehidupan di dunia ini. Bahkan, menurut dia, ayahandanya ini banyak mengajarkan karakter, termasuk kepada dua saudara kandung Erick, yaitu Hireka Vitaya dan pengusaha sukses pemilik Adaro Energy Indonesia, Boy Thohir.

 

“Perjuangan beliau buat kami luar biasa menginspirasi, dan sepanjang hidup beliau juga beliau banyak mengajarkan karakter kepada kami,” kata Erick

Erick melanjutkan, salah satu karakter yang diajarkan oleh ayahnya adalah bagaimana menjaga nama baik keluarga. Karena, menurut dia, dalam dunia usaha, track record juga sangat penting untuk bekerja sama dengan pihak lainnya.

“Beliau juga mengajarkan bahwa uang itu bukan segalanya, tetapi kemampuan kita itu yang justru bisa mendatatangkan hal-hal yang baik,” kata Erick.

Selain itu, Ayahandanya juga berpesan tentang rezeki. Menurut sang ayah, rezeki itu sudah diatur oleh Allah SWT, yang bisa dicari dengan usaha. Namun, keutuhan keluarga jangan sampai terpecah hanya karena harta.

“Dan tentunya sebagai keluarga almarhum juga menjaga bagaimana keluarganya ini rukun. Karakter lain yang ditanamkan kepada saya juga misalnya kalau kita ingin dihormati orang lain, ya kita harus menghormati orang lain dulu. Nah, hal-hal ini yang saya rasa sebuah hal yang inspiratif buat saya pribadi dan keluarga,” kata Erick.

Melalui video mapping yang digelar di Masjid At-Thohir, dia pun berharap sosok inspiratif Haji Muchamad Thohir tidak hanya dikenal oleh keluarganya sendiri. Tapi juga menjadi teladan bagi banyak orang.

“Tentu yang penting, di video mapping juga tadi bagaimana cerita-cerita almarhum bapak saya, perjaungan hidupnya, sehingga semoga menjadi inspirasi juga tidak hanya untuk kami, tapi juga banyak pihak bahwa seorang anak yang lahir di desa, miskin, orang tuanya bapaknya telah meninggal, tapi tidak berputus asa, justru kita harus bangkit daripada kehidupan yang memang berat,” kata Erick.

Sebagai informasi, Haji Mochamad Teddy Thohir berpulang pada usia 81 tahun pada 1 November 2016. Sebelum meninggal, almarhum memiliki keinginan untuk membangun rumah ibadah.

Kini, keinginan ayah dari Erick Thohir itu telah terkabulkan dengan diresmikannya Masjid At-Thohir, sebua masjid yang dirancang dengan gaya arsitektur klasik modern, dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektare dan memiliki kapasitas 1.976 orang. Masjid itu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (9/3/2022).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement