Kamis 10 Mar 2022 22:48 WIB

Dua Perguruan Silat Bentrok di Banyuwangi, Satu Pendekar Tewas

Dua Perguruan Silat Bentrok di Banyuwangi, Satu Pendekar Tewas

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com
Dua Perguruan Silat Bentrok di Banyuwangi, Satu Pendekar Tewas
Dua Perguruan Silat Bentrok di Banyuwangi, Satu Pendekar Tewas

Banyuwangi - Satu pendekar silat tewas dalam bentrok antara dua perguruan di Dusun Sukomukti, Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Dari pantauan jatimnow.com di lokasi, selain menyebabkan korban jiwa, bentrokan itu juga membuat rumah warga dan satu tempat ibadah rusak. Sejumlah botol bersumbu mirip molotov dan sejumlah batu masih berserakan di depan rumah warga.

Bentrokan pecah sekitar pukul 02.45 WIB, Kamis (10/3/2022) setelah ratusan pendekar silat salah satu perguruan meluruk Dusun Sukomukti, Desa Sukorejo. Bentrokan terjadi di dalam dusun hingga sekitar pukul 03.30 WIB setelah massa yang meluruk dusun itu terpukul mundur.

Selain terpukul mundur oleh kelompok perguruan silat satunya, salah satu dari kelompok yang meluruk Dusun Sukomukti, Desa Sukorejo itu terkena sabetan senjata tajam hingga meninggal. Beberapa di antaranya juga mengalami luka.

Suasana pascabentrok dua perguruan silat di Banyuwangi

Korban luka dan meninggal awalnya dilarikan ke Puskesmas Kebondalem. Kemudian yang mengalami luka ringan langsung diperbolehkan pulang. Sedangkan korban meninggal dibawa ke RSUD Genteng.

Personel gabungan dari Polresta Banyuwangi dan TNI yang mengamankan lokasi berhasil meredam massa. Kedua perguruan silat itu pun sepakat melaksanakan konsolidasi ke dalam untuk mendinginkan suasana.

Wakapolresta Banyuwangi, AKBP Didik Hariyanto menjelaskan, kedua massa yang terlibat bentrok itu sepakat untuk mendinginkan suasana.

"Kedua pihak selain sepakat untuk konsolidasi ke dalam anggota, juga menyampaikan kepada seluruh warga dengan permasalahan yang ada. Kedua belah pihak juga sepakat menyerahkan terkait proses hukum yang ada," jelas Didik.

Penjagaan terus dilakukan oleh petugas gabungan termasuk dari Sat Brimob Polda Jatim.

"Hari ini kita lakukan penyekatan di berbagi titik yang dianggap rawan, seperti di Desa Bangorejo dan Pesanggaran," tambah dia.

"Untuk antisipasi dari luar daerah, maka kita lakukan penjagaan di perbatasan seperti Jember, Bondowoso, Situbondo dan Bali," tandas Didik.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement