Rabu 09 Mar 2022 19:08 WIB

Jalur Cipanas-Puncak, Kabupaten Cianjur Macet Akibat Banjir

Hujan deras membuat saluran air meluber di sepanjang jalur Cipanas-Puncak.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Jalur Puncak Pass Cianjur, Kecamatan Cipanas mengalami longsor, Rabu (28/4).
Foto: Humas Polres Bogor
Jalur Puncak Pass Cianjur, Kecamatan Cipanas mengalami longsor, Rabu (28/4).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Lalu lintas kendaraan di Jalur Cipanas-Puncak di wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Rabu (9/3/2022) petang WIB, macet karena luapan air dari saluran yang ada di pinggir jalan membanjiri bagian jalan. Bagian jalan di jalur itu tergenang hingga setinggi betis orang dewasa sehingga lalu lintas kendaraan menjadi terhambat.

Perwira Unit Lalu Lintas Kepolisian Sektor Pacet, Ipda Ahmad Afandi mengatakan, hujan deras membuat saluran yang ada di sepanjang jalur Cipanas-Puncak tidak dapat menampung air. Sehingga aliran air meluber hingga ke jalan.

"Kami langsung berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengantisipasi banjir terus meninggi. Anggota kami siagakan untuk mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi macet panjang dari kedua arah," katanya di Kabupaten Cianjur saat dikonfirmasi.

Pada Rabu petang WIB, lalu lintas kendaraan masih tersendat dijalan utama yang menghubungkan Cianjur dengan kawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). Polisi sempat mengarahkan pengendara untuk melalui jalur alternatif Pacet-Hajawar guna menghindari kemacetan.

Beberapa pengendara yang memilihmelalui jalan yang tergenang kendaraannya sempat mogok karena bagian mesinnya terendam air. "Sepeda motor dan mobil banyak yang mogok karena mesin terendam," kata Ahmadi, pengendara asal Cianjur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement