Selasa 08 Mar 2022 12:42 WIB

Pemkab Garut Uji Coba Aspal Plastik untuk Jalan Sepanjang 23 km

Pemkab Garut mengujicoba menggunakan aspal plastik untuk jalan sepanjang 23 km.

Aspal hotmix yang terbuat sampah plastik mulai diujicobakan untuk perbaikan jalan rusak di Garut.
Foto: Istimewa
Aspal hotmix yang terbuat sampah plastik mulai diujicobakan untuk perbaikan jalan rusak di Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mulai melakukan uji coba aspal plastik di jalan sepanjang 23 km sekaligus mendukung program pemerintah dalam menanggulangi sampah plastik.

"Ini merupakan terobosan baru bagi Pemda Garut agar memberikan pelayanan kepada masyarakat yaitu dengan melakukan pengolahan hotmix dengan plastik, sehingga umur jalan kita harapkan menjadi lebih panjang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Garut Luna Aviantrini.

Baca Juga

Ia menuturkan pembangunan jalan aspal berbahan campuran plastik merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Garut agar jalan tersebut bisa lebih tahan lama sehingga masyarakat merasa nyaman dan aman saat melewatinya.

Jika hasilnya memuaskan, kata dia, maka kerja sama pembangunan jalan menggunakan aspal campuran bahan plastik itu akan dilanjutkan selama dua tahun ke depan.

 

Sementara jalan yang akan menggunakan aspal plastik, kata dia, dilakukan di beberapa ruas jalan seperti Jalan Pembangunan, Samarang-Tarogong, dan dalam kota.

"Kita rencanakan ini di jalan-jalan perkotaan di dalam kota, ada Jalan Pembangunan, ada Jalan Tarogong-Samarang, untuk saat ini segitu dulu, bertahap," katanya.

Bupati Garut Rudy Gunawan mendukung program kolaborasi dalam mengatasi permasalahan sampah plastik dengan memanfaatkannya menjadi campuran aspal dalam membangun jalan di Garut.

"Saya berharap kerja sama untuk mengatasi permasalahan sampah plastik ini dapat dilakukan secara konsisten karena menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama," kata Bupati.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement