Kamis 03 Mar 2022 09:05 WIB

Pembangunan Sarana di Sirkuit Mandalika akan Tuntas Lebih Cepat

Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah seri kedua MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Tampak atas pemandangan Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, yang akan menggelar ajang MotoGP 2022 pada 18-20 Maret nanti.
Foto: Antara
Tampak atas pemandangan Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, yang akan menggelar ajang MotoGP 2022 pada 18-20 Maret nanti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengaspalan ulang lintasan balap Pertamina Mandalika International Street Circuit yang semula ditargetkan selesai 10 Maret 2022, diyakini bisa selesai lebih cepat yakni pada 8 Maret 2022. Optimisme ini diungkapkan Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Cahyadi Wanda.

Ketika dihubungi Republika.co.id, Rabu (2/3), Cahyadi mengungkapkan keyakinannya kalau semua pengerjaan pengaspalan ulang sirkuit akan selesai lebih cepat dari yang ditargetkan. Demikian pula dengan pembangunan sarana lainnya seperti tribun penonton atau grandstand serta akses infrastruktur jalan menuju sirkuit yang akan dijadikan balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP, 18-20 Maret 2022 nanti.

Baca Juga

"Untuk detail tahapan pengerjaan saya kurang hapal. Namun kami optimistis untuk pengaspalan ulang lintasan yang ditargetkan 10 Maret bisa selesai lebih cepat. Sedangkan pembangunan grandstand akan selesai 16 Maret. Untuk infrastruktur akses jalan menuju sirkuit sepekan jelang balapan harus sudah selesai," ujar Cahyadi.

Untuk akses jalan menuju sirkuit, menurut Cahyadi, memang harus sudah beres sepekan jelang balapan. Pasalnya, usai MotoGP seri pembuka 2022 yang akan digelar 6 Maret di Qatar, cargo peserta balapan akan bergiliran datang ke Mandalika.

Cahyadi juga mengungkapkan bahwa setiap langkah yang diambil dalam proses persiapan MotoGP Indonesia selalu dipantau oleh Federasi Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sports. Apa pun tindakan yang dilakukan, itu bukanlah tindakan yang tak terukur. "Artinya, sangat terukur, diawasi, dan pastinya kami yakin ini akan selesai tepat waktu. Nantinya Dorna akan datang lagi untuk homologasi. Cuma kini belum dapat informasi kapan waktunya," jelasnya.

Pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika dilakukan menyusul evaluasi yang diberikan Dorna Sports dan FIM seusai tes pramusim MotoGP 2022 beberapa waktu lalu. Pengaspalan ulang tidak dilakukan di seluruh lintasan sirkuit sepanjang 4,32 km, melainkan hanya dari bagian sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5 atau sekitar 1,2 km.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement