Rabu 02 Mar 2022 19:48 WIB

Harga Cabai Merah di Padang Panjang Terus Naik Jelang Ramadhan

Kenaikan harga cabai di Padang Panjang dipicu sejumlah faktor

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah
Cabai (ilustrasi) Kenaikan harga cabai di Padang Panjang dipicu sejumlah faktor
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Cabai (ilustrasi) Kenaikan harga cabai di Padang Panjang dipicu sejumlah faktor

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG— Harga cabai di Padang Pajang diperkirakan akan terus mengalami kenaikan jelang Ramadhan. 

Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda, Kota Padang Panjang, Putra Dewangga, mengatakan hal ini mengacu pada kondisi yang terjadi selama beberapa pekan terakhir. Di mana harga cabai merah terus naik walaupun bukan dalam jumlah yang besar. 

Baca Juga

Menurut Putra, kenaikan disebabkan berkurangnya pasokan karena faktor cuaca dan siklus produksi di daerah-daerah produsen. 

“Warga agar dapat menyikapi hal ini dengan mempertimbangkan pola konsumsi cabai sedemikian rupa. Sehingga tidak mempengaruhi perekonomian secara keseluruhan,” kata Putra, Rabu (2/3/2022). 

Pada pekan keempat Februari 2022, terjadi kenaikan harga pada beberapa komoditas dan penurunan harga pada beberapa komoditas lainnya. 

Pada komoditas yang mengalami kenaikan harga tersebut, disebabkan mulai berkurangnya pasokan stok, sehingga mempengaruhi harga pasar. 

Sebaliknya, untuk komoditas yang mengalami penurunan harga, dapat terjadi karena stok di pasar melebihi permintaan konsumen atau permintaan di pasar yang berkurang terhadap komoditas tersebut. 

Namun, pada pekan ke empat Februari 2022 menurut Putra tidak ada komoditas yang mengalami kenaikan signifikan. Dalam artian, fluktuasi harga yang terjadi tidak mempengaruhi daya beli masyarakat secara luas. 

Berdasarkan hasil pemantauan terhadap harga rata-rata 44 komoditas pangan strategis di Pasar Pusat Padang Panjang yang dilakukan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha, Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) dan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), harga rata-rata minyak goreng tanpa merek turun Rp 750. Harga rata-rata daging ayam broiler naik Rp 500.

Selain itu, harga rata-rata telur ayam ras naik Rp 50, telur itik juga naik Rp 50. Cabai hijau turun Rp 1.000, cabai merah naik Rp 1.000, bawang merah turun Rp 250, Buncis turun Rp 1.000, Wortel turun Rp 1.000, dan harga terong naik Rp 1.000.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement