Rabu 02 Mar 2022 10:14 WIB

Empat Pasar di Kabupaten Bogor Libur Jual Daging Sapi

Aksi libur berjualan menyusul harga daging yang melonjak akan berakhir hari ini.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ratna Puspita
Pedagang daging sapi di empat pasar di wilayah Kabupaten Bogor melakukan aksi libur berjualan daging sapi sejak Senin (28/2/2022) hingga Rabu (2/3/2022) hari ini. Ilustrasi
Foto: Prayogi/Republika
Pedagang daging sapi di empat pasar di wilayah Kabupaten Bogor melakukan aksi libur berjualan daging sapi sejak Senin (28/2/2022) hingga Rabu (2/3/2022) hari ini. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pedagang daging sapi di empat pasar di wilayah Kabupaten Bogor melakukan aksi libur berjualan daging sapi sejak Senin (28/2) hingga Rabu (2/3) hari ini. Aksi libur berjualan ini dilakukan seiring harga sapi potong yang terus melonjak.

Humas dan Protokol Perumda Pasar Tohaga Kabupaten Bogor Defi Imanullah mengatakan, empat pasar yang tidak berjualan daging sapi selama tiga hari, yakni Pasar Cikema, Pasar Citereup, Pasar Babakan Madang, dan Pasar Ciluar. “Betul (tidak ada dagang daging sapi), tapi hanya di beberapa pasar saja,” kata Defi kepada Republika.

Baca Juga

Defi mengatakan, pedagang menerima surat dari Asosiasi Pedagang Daging Sapi Pasar Cibinong terkait libur berjualan daging sapi selama tiga hari. Surat tersebut sudah dilayangkan sejak Jumat (25/2).

Terpisah, Ketua Asosiasi Pedagang Daging Sapi Pasar Cibinong, Azhari, membenarkan adanya aksi mogok berjualan daging sapi selama tiga hari. Asosiasi Pedagang Daging Sapi Pasar Cibinong ini membawahi empat pasar yang ikut melakukan aksi mogok dagang.

Aksi mogok itu dilakukan menyusul kesepakatan dalam rapat yang diwakili pedagang pasar, supplier daging segar, dan impor daging beku. Dalam surat yang ditembuskan untuk Perumda Pasar Tohaga, para pedagang daging sapi melakukan aksi libur berjualan selama tiga hari untuk penyesuaian harga lantaran harga sapi potong terus melonjak. 

“Aksi ini kami lakukan dengan tujuan untuk menyesuaikan harga jual daging kepada customer (konsumen) karena harga sapi potong yang terus melonjak,” kata Azhari.

Berbeda dengan Kabupaten Bogor, para pedagang sapi di Kota Bogor masih berjualan seperti biasa meski Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor mencatat ada kenaikan harga daging sapi di pasaran. “Pasar di Bogor, pedagang daging masih normal dan tidak mogok jualan. Harga daging sapi berada di kisaran Rp 130 ribu sampai Rp 135 ribu per kilogram,” kata Direktur Utama Perumda PPJ Kota Bogor, Muzakkir.

Dia mengatakan, harga daging sapi di sejumlah pasar di Kota Bogor mengalami kenaikan dari Rp 110 ribu per kilogram menjadi Rp 130 ribu hingga Rp 135 ribu per kilogram. Di samping isu kenaikan harga tersebut, Muzakkir juga mendapat informasi terkait pedagang daging sapi se-Jabodetabek akan mogok berjualan selama lima hari mulai Senin (28/2) hingga Jumat (4/3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement