Selasa 01 Mar 2022 19:15 WIB

Emil Harap Taman Indonesia di Ukraina tak Hancur

Taman Indonesia di Ukraina berdiri atas inisiatif Dubes.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Indira Rezkisari
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap Taman Indonesia di Ukraina tak hancur akibat serangan Rusia,
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap Taman Indonesia di Ukraina tak hancur akibat serangan Rusia,

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Konflik Rusia dan Ukraian terus memanas. Rusia, semakin gencar membombardir berbagai kota di Ukraina.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil turut prihatin dengan nasib WNI Jabar di Ukraina. Katanya, urusan evakuasi WNI sepenuhnya ada di tangan Kemenlu.

Baca Juga

"Kan kalau ada krisis internasional seperti ini, Kemenlu dulu garda terdepan. Daerah dilarang melakukan inisiatif tanpa berkoordinasi dengan Kemenlu. Maka kita tunggu Kemenlu, kalau sudah ada data pasti kita akan ada ekstra perhatian," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, saat meresmikan Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja atau Jalan Layang Pasupati, Selasa (1/3/2022).

Emil juga menaruh perhatian pada kondisi sebuah taman di sana yang merupakan Taman Indonesia. Emil mengatakan, pada 2017 ia sempat pergi ke Kiev Ibu Kota Ukraina. Di sana ada Taman Indonesia hasil lobi orang Jabar Yudy Crisnandi sebagai Duta Besar Indonesia untuk Ukraina.

"Mudah-mudahan tamannya tidak hancur oleh perang ya," katanya.

Saat ini, pengerahan besar pasukan Rusia terus dilakukan ke arah ibu kota Ukraina, Kiev. Citra satelit tersebut dirilis oleh perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Maxar Technologies. Pengerahan pasukan tersebut termasuk armada tank. Ketika diambil gambar, konvoi itu berjarak sekitar 64 kilometer dari Kiev.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement