Kamis 24 Feb 2022 00:23 WIB

Ganjar Ingatkan Kepala Desa Soal Transparansi Keuangan Daerah

Gubernur Jateng minta kepala daerah transparan soal keuangan daerah.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
 Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo,
Foto: Dokumen.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menigatkan perkumpulan aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) akan transparansi dan integritas. Hal tersebut disampaikan saat membuka rapat kerja daerah (rakerda) Papdesi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ganjar yang merupakan Ketua Dewan Pembina Papdesi, mengingatkan kepala desa agar mengedepankan transparansi dalam mengelola dana desa. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga meminta mereka agar berhati-hati mengelola keuangan desa.

Baca Juga

"Karena transparansi itu penting. Kejujuran, integritas itu penting, anti korupsi itu penting. Sehingga, nilai-nilai itu mesti dipegang oleh kawan-kawan semuanya," kata Ganjar Pranowo dalam keterangan, Rabu (23/2).

Ganjar berpendapat, perangkat desa juga perlu melakikan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, inovasi yang ada di desa mulai dari transportasi, toko online hingga pelayanan masyarakat yang tidak harus datang langsung ke kantor.

 

Meski begitu, Ganjar mendorong para kepala desa agar lebih inovatif dan kreatif lagi supaya mendapatkan nilai tambah. Dia meminta perangkat desa agar jangan hanya memikirkan hasil akhir tetapi juga dampaknya kepada masyarakat.

"Umpama bangun jalan, ekonominya bisa lebih bagus. Termasuk ketika mereka mengembangkan desa-desa wisata yang ini prospeknya sangat bagus. Karena pada wisata lokal saja itu banyak desa wisata yang hebat-hebat," katanya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement