Rabu 23 Feb 2022 18:04 WIB

Di Puncak Gedung Sate, Dubes Amerika Disuguhi Makanan Sunda dan Kecapi Suling

Dubes Sung Kim sumringah atas sambutan dari Emil dan jajaran.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Ridwan Kamil mengajak Sung Kim ke puncak untuk memperlihatkan panorama Gunung Tangkubanparahu dari Gedung Sate yang menurut dubes mirip dengan Washington Mall.
Foto: Istimewa
Ridwan Kamil mengajak Sung Kim ke puncak untuk memperlihatkan panorama Gunung Tangkubanparahu dari Gedung Sate yang menurut dubes mirip dengan Washington Mall.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jabar Ridwan Kamil menggelar pertemuan dengan duta Besar Amerika Sung Kim, di Gedung Sate, Rabu (23/2/2022). Pada pertemuan tersebut, Duta Besar Sung Kim secara khusus diajak Ridwan Kamil untuk naik ke puncak Gedung Sate.

Menurut Ridwan Kamil, dirinya sengaja mengajak Sung Kim ke puncak untuk memperlihatkan panorama Gunung Tangkubanparahu dari Gedung Sate yang menurut dubes mirip dengan Washington Mall.

Dubes Sung juga dijamu hidangan makanan Sunda dan kesenian kecapi suling. Cuaca kebetulan tengah cerah saat keduanya bertemu. 

"Terus ada bandros lewat, saya ceritakan bandros itu kan idenya dari San Fransisco trem. Banyak jejak-jejak saya waktu sekolah di Amerika saya praktekkan sebagai implementasi desain kebijakan di Bandung, di Jabar, jadi beliau sangat senang," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Dubes Sung Kim sumringah atas sambutan dari Emil dan jajaran. Ia juga mengaku terpukau dengan paparan gubernur terkait potensi ekonomi kawasan dan energi hijau yang disampaikan dalam pertemuan.

"Ini kesenangan luar biasa bisa bertemu dengan gubernur, menghabiskan waktu bersamanya. Saya akhirnya tahu bagaimana dia menjadi seorang figur yang populer dalam politik. Dia juga masih muda, dengan masa depan yang cerah," paparnya.

Menurut Sung Kim, kunjungan pihaknya ke Jawa Barat merupakan upaya memotret potensi ekonomi di Indonesia. Terlebih, Amerika Serikat saat ini menjadi negara investor terbesar keempat di Indonesia. 

"Saya percaya ada banyak potensi besar untuk berinvestasi dan perdagangan di sini. Jadi, saya mencoba melihat bagaimana cara kerja dan relasi ekonomi bersama para pemimpin di Indonesia, termasuk para gubernur," katanya.

Sung Kim berjanji akan melanjutkan potensi kerja sama dengan Jawa Barar untuk memaksimalkan kesempatan menguatkan relasi antara dua pihak Amerika dan Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement