Jumat 18 Feb 2022 01:01 WIB

Pasar di Kudus Bakal Digelontor 47 Ribu Liter Minyak Goreng

Minyak goreng ini akan dijual eceran sebesar Rp14.000 per liter.

Pedagang menjual minyak goreng dalam kemasan di salah satu kios. ilustrasi
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Pedagang menjual minyak goreng dalam kemasan di salah satu kios. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bakal digelontor 47.000 liter minyak goreng kemasan. Minyak goreng ini akan dijual eceran sebesar Rp14.000 per liter.

"Penggelontoran puluhan ribu liter minyak goreng kemasan tersebut dilakukan selama dua hari mulai Jumat (18/2/2022)," kata Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Imam Prayitno.

Baca Juga

Hari pertama, kata dia, sasarannya Pasar Bitingan, Pasar Jember, dan Pasar Dawe. Sedangkan tahap berikutnya ke Pasar Undaan, Mejobo dan Jekulo. Penggelontoran minyak goreng tersebut, kata dia, merupakan penugasan dari Kementerian Perdagangan terhadap produsen minyak goreng dengan menunjuk distributor yang ada di Kudus dengan alokasi sebanyak 47.000 liter.

Ia berharap masyarakat tidak panik sehingga melakukan aksi borong minyak goreng, karena secara bertahap akan dipasok sesuai kebutuhan di pasaran. Setelah ada penggelontoran minyak goreng tersebut, harga di pasar tradisional tidak lagi di atas Rp14.000 per liter karena dari distributor ke pedagang dijual dengan harga Rp 13.000 per liter, sedangkan dijual ke bakul Rp 13.500/liter sehingga sampai ke tangan konsumen sebesar Rp14.000 per liter.

Dalam rangka memastikan stok minyak goreng di pasaran tersedia cukup, Kementerian Perdagangan juga menerjunkan tim khusus di Kudus untuk memantau langsung di lapangan guna mengetahui kondisi sebenarnya dan cara mengatasinya.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement