Selasa 15 Feb 2022 19:17 WIB

Rumkitlap Benteng Vastenburg Solo Siap Tampung Pasien OTG

Korem 074 Warastratama Surakarta menyiapkan rumkitlap di Benteng Vastenburg

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Anggota TNI berjaga di Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) TNI AD di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Anggota TNI berjaga di Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) TNI AD di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Korem 074 Warastratama Surakarta telah menyiapkan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) di Benteng Vastenburg. Rumkitlap ini disiapkan untuk tempat isolasi terpusat (isoter) pasien orang tanpa gejala (OTG) hingga bergejala ringan terkonfirmasi Covid-19 di wilayah itu.

"Rumkitlap di Benteng Vastenburg Solo sudah disiapkan secara optimal dengan kapasitas bisa menampung 80 orang khusus pasien orang tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan Covid-19," kata Komandan Korem 074 Warastratama Kolonel (Inf) Rudy Saladin, di Solo, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga

Pihaknya juga sudah menyiapkan tenaga kesehatan yang bertugas di rumkitlap dan fasilitas kesehatan termasuk operasional sudah dibackup untuk pasien Covid-19 OTG hingga bergejala ringan. "Operasional rumkitlap juga sudah didukung oleh Wali Kota Surakarta untuk kebutuhan air, listrik, dan logistik. Namun untuk tenda, fasilitas tempat tidur, alat genset dan lain-lain sudah tersedia. Tidak kami bongkar dan sekarang sudah diaktifkan kembali," kata Danrem.

Persiapan termasuk tenaga kesehatan dari RS Tentara Slamet Riyadi Surakarta guna mendukung jika ada pasien yang diarahkan dirujuk ke RS Tentara itu. Kendati demikian, pasien OTG atau bergejala ringan terkonfirmasi positif Covid-19 hingga saat ini, memang belum ada yang masuk menjalani isoter di Rumkitlap Benteng Vastenburg Solo.

Namun, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait apabila di Isoter Ndalem Priyosuhartan di Kecamatan Laweyan Solo, sudah melampaui kapasitas akan diarahkan ke Rumkitlap di Bentang Vastenburg. "Tempat isoter Rumkitlap Benteng Vastenburg ini memprioritaskan pasien jenis kelamin laki-laki. Karena, bentuknya tenda-tenda lapangan dengan fasilitas tempat tidur," kata Rudy.

Kondisi rumkitlap sebenarnya layak untuk semua tipe pasien. Akan tetapi untuk sementara diprioritaskan pasien laki-laki dan nanti untuk pasien perempuan melaksanakan isoter di Ndalem Priyosuhartan. Tenaga medis yang ada di Rumkitlap sebagian besar karyawan organik di RS Tentara Slamet Riyadi.

Karena itu, masyarakat Kota Surakarta tidak perlu khawatir jika nanti ada yang OTG atau gejala ringan memang harus melaksanakan perawatan di isoter bisa menggunakan fasilitas di Rumkitlap Benteng Vastenburg. Danrem menyarankan sesuai arahan pemerintah untuk yang OTG termasuk gejala ringan atau memiliki komorbid terkendali disarankan untuk melaksanakan isoman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement