Senin 14 Feb 2022 11:27 WIB

10 Nilai Tambah Mahasiswa Perhotelan

Tidak ada jurusan yang lebih tangguh dari mahasiswa perhotelan dengan mental baja

Tidak ada jurusan yang lebih tangguh dari mahasiswa/i jurusan perhotelan dengan mental bajanya. Sebab, alumni jurusan Perhotelan sudah teruji tangguh dan kelak akan menjadi sosok yang hebat dalam rumah tangga.
Foto: istimewa
Tidak ada jurusan yang lebih tangguh dari mahasiswa/i jurusan perhotelan dengan mental bajanya. Sebab, alumni jurusan Perhotelan sudah teruji tangguh dan kelak akan menjadi sosok yang hebat dalam rumah tangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kamu tahu nggak, walaupun di luaran sana, banyak orang yang menghina jurusan Perhotelan dengan sebutan ‘jurusan pembantu’, akan tetapi, para alumni jurusan Perhotelan merupakan pemuda-pemudi bermental baja.

Tidak ada jurusan yang lebih tangguh dari mahasiswa/i jurusan perhotelan dengan mental bajanya. Sebab, alumni jurusan Perhotelan sudah teruji tangguh dan kelak akan menjadi sosok yang hebat dalam rumah tangga. 

Baca Juga

Berikut 10 fun fact, enaknya punya pacar mahasiswa perhotelan:

1. Alumni jurusan perhotelan punya prospek masa depan menjanjikan

Siapa sih yang mau lulus kuliah dari jurusan yang prospek karier di masa depannya sulit. Memangnya nanti anak-istri mau dikasih makan cinta.

Alumni perhotelan tidak seperti itu, sebab industri pariwisata sedang berkembang pesat, hal tersebut tak lepas dari tumbuhnya dunia bisnis perhotelan. Itu artinya, prospek karier alumni jurusan Perhotelan sangat luas. Mulai dari hotel-hotel yang ada di kota besar sampai hotel yang berada di lokasi-lokasi wisata populer.

2. Anak Perhotelan biasanya rendah hati

Mereka terbiasa mengikuti berbagai training, seperti restaurant service dan table manner. Ini mengajarkan kepada alumni Perhotelan, soal kerendahan hati, karena mereka tahu sekali rasanya kerja dari bawah dan bagaimana rasanya kerja tidak dihargai orang lain. Sehingga mereka akan lebih bisa menghargai orang lain.

3. Mereka itu pasti bisa masak

Benar sekali, karena mahasiswa Perhotelan melewati training kitchen. Memiliki pasangan bisa masakin kamu, itu pasti sweet banget.

Buat cowok, keahlian memasak ceweknya pasti jadi nilai tambah yang besar banget. Sedangkan, jika kamu cewek, dapat pasangan cowok perhotelan, pasti bahagia karena dapat berbagi tugas memasak dengan pasanganmu nanti.

4. Jika sudah menikah, kamu butuh yang mengurus rumah dan anak perhotelan ahlinya

Dimulai dari laundry hingga kebersihan dan kerapian rumah. Buat mereka, semua itu tak masalah. Anak Perhotelan sudah lulus training laundry, roomboy, dan bersih-bersih.

Bahkan, salah satu yang disebut ‘ujian mental’ buat anak jurusan perhotelan adalah bersih-bersih toilet umum lho! 

Hal tersebut diartikan, tidak ada kerjaan sejorok apapun yang anak perhotelan tidak bisa jalankan. Ketika jadi partner bersih-bersih rumah, anak perhotelan juaranya!

5. Mereka biasanya bisa membawa diri dengan baik

Anak perhotelan bersikap sesuai tempat dan situasi, salah satunya, berkat training banket yang mereka ikuti. 

Terbayang dong, ketika pacarmu bisa membawa diri dengan baik di depan orang tua, pasti restunya pun segera kamu dapatkan.

6. Anak Perhotelan memiliki mental baja

Mereka terbentuk menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah menyerah, sebab sudah sering ditempa selama kuliah. Ketika mereka diminta bersih-bersih toilet, hingga mereka harus bekerja di dapur.

Sudah menjadi rahasia umum, jika kehidupan di dapur itu termasuk keras. Mulai dari mengupas puluhan kilogram bawang putih, sampai ketika melakukan kesalahan sedikit saja ketika merapikan kamar hotel. 

Namun pada akhirnya, pasti itu menjadi pengalaman berharga banget, untuk semua lulusan perhotelan.

7. Lulusan Perhotelan adalah pribadi pekerja keras yang pantang menyerah

Sebab mereka tahu betul, peran sekecil apapun di industri jasa perhotelan itu krusial dan memiliki tanggung jawab besar untuk nama perusahaannya. 

Dalam tangan mereka, ada tanggung jawab besar. Kini, kualitas mental profesional seperti itu sulit banget ditemukan.

8. Anak Perhotelan tumbuh jadi sosok yang sensitif dan bertanggung jawab

Dalam pekerjaannya sehari-hari, mereka memiliki tujuan merawat orang-orang, agar merasa nyaman. Udah kebayang dong, jika pasanganmu adalah orang yang sensitif kalau itu soal kenyamananmu.

9. Anak Perhotelan itu cakep-cakep

Bener, kan? Kenyataan memang demikian. Biasanya, anak-anak Perhotelan itu tinggi-tinggi dan cakep-cakep. 

Karena, saat seleksi masuk, ada beberapa universitas yang menggunakan seleksi fisik dan tinggi badan minimal. Of course, karena secara alami mereka itu cakep, merekapun bisa menjaga penampilan.

10. Mereka punya peluang luas berkarier di luar negeri

Industri Perhotelan, bukanlah industri yang main-main. Siapapun yang mengolok-ngolok tentang jurusan Perhotelan adalah jurusan pembantu, tampaknya masih butuh banyak pencerahan.

Sebab, di luar negeri sana, sudah banyak sekolah perhotelan berstandar internasional. Ini menjadi bukti, jika alumni Perhotelan selalu dibutuhkan di belahan dunia manapun. 

Jika tertarik untuk kuliah di jurusan perhotelan setelah membaca artikel ini, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) bisa menjadi opsi bagi kamu. Universitas BSI menyediakan jurusan perhotelan dengan biaya yang cukup terjangkau. Saat ini menjadi waktu yang tepat untuk mendaftar kuliah. Selain itu, kampus ini, punya hotel sendiri, yang juga menjadi tempat praktik langsung mahasiswanya.

Universitas BSI sudah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk perkuliahan bulan September. PMB gelombang 2 Universitas BSI  akan berakhir pada 6 April 2022 mendatang. 

Untuk melakukan pendaftaran, bisa dengan mengunduh aplikasi PMB-UBSI di playstore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

Selain itu, pembayaran kuliah di Universitas BSI juga bisa dilakukan dengan cicilan, sebesar 600 ribuan perbulannya, melalui Danacita.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement