Senin 14 Feb 2022 04:18 WIB

Uji Coba Jalur Stasiun Garut-Cibatu, Kemenhub Gratiskan Penumpang

Uji coba dengan penumpang terbatas setelah uji coba tanpa penumpang.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, dan Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan inspeksi jalur kereta api Cibatu-Garut, Ahad (13/2/2022).
Foto: Diskominfo Garut
Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, dan Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan inspeksi jalur kereta api Cibatu-Garut, Ahad (13/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggratiskan penumpang selama tahap uji coba kereta api di Kabupaten Garut, Jawa Barat, hingga akhirnya nanti secara resmi dioperasikan secara komersial. Kemenhub akan melakukan uji coba  jalur Stasiun Garut-Cibatu dengan penumpang terbatas setelah uji coba tanpa penumpang.

"Selama uji coba ini mungkin dengan tanpa tarif," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kemenhub Republik Indonesia Zulfikri saat melakukan uji coba kereta api di Stasiun Garut, Ahad (13/2/2022). 

Baca Juga

Selama sepekan ke depan, Kemenhub akan melakukan uji coba jalur Stasiun Garut-Cibatu dengan kereta api rangkaian gerbong tanpa membawa penumpang. Selanjutnya, kata dia, akan dilakukan tahapan rangkaian gerbong yang membawa penumpang secara terbatas atau tidak mengisi semua kursi di setiap gerbong.

"Setelah itu, akan ada tahapan uji coba dengan rangkaian berisi penumpang, tapi terbatas jumlah penumpangnya, tidak full," katanya.

Ia menyampaikan, uji coba dengan penumpang terbatas dan tidak dipungut biaya itu berlaku sampai semua perbaikan dan aspek keselamatan kereta api terpenuhi dan beroperasi secara komersial. "Kami akan melakukan operasi secara komersial artinya kita buka untuk masyarakat dengan penerapan tarif yang sudah kita sepakati," katanya.

Selama uji coba jalur, Kemenhub akan melakukan temuan-temuan di lapangan harus diperbaiki hingga akhirnya bisa diputuskan layak untuk kereta api beroperasi membawa penumpang umum. Kemenhub menurunkan tim untuk mengecek aspek keselamatan dari proyek reaktivasi jalur kereta api tersebut sebelum secara resmi dioperasikan. 

"Mohon masyarakat di Garut sekitarnya bersabar karena safetyini adalah nomor satu yang perlu kita perhatikan," kata Zulfikri.

Ia menyebutkan, tahap awal akan disiapkan kereta api komersial relasi Stasiun Garut-Pasar Senen, dan juga Stasiun Garut-Purwakarta. Kereta Api Cibatu yang selama ini beroperasi melayani relasi Stasiun Purwakarta-Cibatu akan dilanjutkan ke Stasiun Garut. 

"Sekarang itu akan masuk ke Garut, tidak hanya sampai Cibatu, ada dua trip sehari," katanya.

Jalur kereta api Stasiun Garut-Cibatu itu sudah hampir 40 tahun tidak dioperasikan. Kemudian, pemerintah pusat melakukan reaktivasi jalur tersebut termasuk membangun kembali stasiun yang dilintasi.

Jalur kereta api Stasiun Garut-Cibatu mulai diuji coba dengan mengoperasikan rangkaian gerbong kereta api, kemarin. "Saya tadi menaiki kereta api yang nyaman, AC-nya sentral, bersih, dan longgar ya, ini top sekali lah untuk Jakarta dari Pasar Senen ke Garut, tentu melewati beberapa stasiun," kata Bupati Garut Rudy Gunawan.

Rudy Gunawan.Ia menyampaikan beroperasinya kembali jalur kereta api Garut menjadi salah satu kado spesial untuk Hari Jadi ke-209 Kabupaten Garut yang akan dirayakan pada Februari 2022. "Garut punya kereta api, mantap," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement