Kamis 10 Feb 2022 19:17 WIB

Kemenkes: Paket Obat Isolasi Mandiri Diantar dalam 1x24 Jam

Paket obat untuk isolasi mandiri Covid-19 mayoritas tiba dalam 1x24 jam.

Relawan menunjukkan obat paket isolasi mandiri Covid-19. Paket obat tersebut bisa diantar ke rumah dalam 1x24 jam.
Foto:

Sementara itu, berdasarkan laporan penilaian Kemenkes terhadap performa pelayanan telemedisin dalam mengantar obat per 8 Februari 2022, jumlah tebusan resep obat mencapai 10 ribu paket. Dari sejumlah pembukaan layanan di Jawa-Bali, menurut Kadir, angka pemesanan paket obat terbanyak berasal dari area Surabaya dan Jawa Timur.

photo
Durasi isolasi mandiri pasien positif Covid-19. - (Republika.co.id)

Kadir menjelaskan, masyarakat yang hasil tes antigennya positif dapat mengakses layanan telemedisin secara gratis untuk bekal menjalani isolasi mandiri. Syaratnya, hasil tes tersebut terlaporkan ke data kementerian.

"Kalau positif atau reaktif berdasarkan antigen, selama dilaporkan lewat sistem NAR (New All Record) big data Kemenkes, dia harusnya dapat layanan telemedisin," ujar Kadir.

Untuk itu, Kadir menganjurkan masyarakat menjalani tes cepat antigen di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan dengan laboratorium yang terkoneksi melalui sistem NAR Kemenkes RI. Sebab, begitu hasilnya terlapor ke sistem NAR, maka akan diverifikasi dan muncul notifikasi lewat ponsel bahwa yang bersangkutan berhak atas perawatan gratis melalui telemedisin, termasuk pemberian obat-obatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement