Rabu 09 Feb 2022 14:26 WIB

Museum Kota Lama Semarang Resmi Dibuka, Pengunjung Gratis Masuk

Masyarakat bisa menikmati sejarah Kota Semarang sejak 1547 di Museum Kota Lama

Red: Nur Aini
Seorang tukang becak menanti penumpang di kawasan wisata Cagar Budaya Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (1/7/2021).
Foto: ANTARA/Aji Styawan
Seorang tukang becak menanti penumpang di kawasan wisata Cagar Budaya Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (1/7/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Museum Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, yang dibangun dengan anggaran Rp 3,9 miliar resmi dibuka. Pembukaan museum yang berisi sejarah Kota Semarang tersebut ditandai dengan peresmian oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Semarang, Rabu (9/2/2022).

"Sudah tuntas, masyarakat bisa datang," katanya.

Baca Juga

Menurut dia, masyarakat bisa menikmati sejarah Kota Semarang sejak 1547 dari koleksi yang ditampilkan. Selain itu, kata dia, terdapat pula visualisasi sejarah trem di Kota Semarang.

"Museum ini menggambarkan sejarah Kota Semarang zaman dulu," katanya.

Menurut dia, masyarakat sudah bisa mengunjungi museum ini secara gratis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. "Tinggal diatur mekanismenya. Perlu pengaturan agar tidak berkerumun," katanya.

Pada tahap awal, kata dia, kunjungan ke museum masih digratiskan sambil menunggu evaluasi ke depannya. Museum Kota Lama sendiri berada di lokasi yang dulunya merupakan air mancur Bundaran Bubakan Semarang.

Arus lalu lintas serta kawasan di sekitat museum tersebut ditata ulang seiring dengan keberadaan museum yang memadukan kecanggihan teknologi dan koleksi benda-benda zaman dahulu itu.

Baca: Kota Bekasi Terbitkan Aturan Cegah Covid-19 di Tempat Ibadah

Baca: Satu Kecamatan di Probolinggo Masuk Zona Merah Covid-19

Baca: Depok Sumbang Jumlah Kasus Covid-19 Tertinggi di Jawa Barat

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement