Kamis 03 Feb 2022 07:30 WIB

Oki Setiana Dewi Dirujak Warganet Ceramah tentang KDRT

Oki berceramah tentang istri menjadi korban KDRT, tapi tidak mengadu ke ortunya.

Pendakwah Oki Setiana Dewi.
Foto: Panti Yatim Indonesia (PYI)
Pendakwah Oki Setiana Dewi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendakwah Oki Setiana Dewi menjadi bahan cibiran warganet, setelah video ceramahnya viral di Twitter. Video yang berasal dari akun Tiktok Oki diunggah akun @bijikambing hingga sudah ditonton 1,6 juta kali dengan ribuan warganet menyukai, me-retweet, dan mengomentari konten dakwah Oki. Mereka tidak setuju dengan pendapat Oki tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), hingga merujaknya alias merundungnya.

"Ada sebuah kisah nyata di Jeddah (Arab Saudi) suami istri lagi bertengkar suaminya marah luar biasa pada sang istri dipukullah wajah sang istri kemudian istrinya menangis," kata Oki dalam tausiahnya dikutip Republika di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

Baca Juga

Ketika sang istri menangis, kata Oki, tiba-tiba terdengar bel pintu rumahnya berbunyi. Ketika sang istri membuka pintu dalam keadaan mata sembab, ia kaget ternyata kedua orang tuanya berkunjung ke rumahnya. Sang suami panik ketika melihat mertuanya datang.

"Suaminya dari kejauhan deg-degan, 'ya Allah ini pasti ngadu ini sama mertuaku ini nih ahwa tadi baru dipukul'. Orang tuanya tanya kepada si perempuan ini anakku kenapa kok kamu nangis matanya sembab begitu, kenapa?" ucap Oki.

Sang istri bukannya mengadukan hal buruk yang dialaminya akibat dipukul suami, ia malah beralibi menangis karena usai berdoa kepada Sang Pencipta. Menurut Oki, perempuan itu mengaku berdoa agar dipertemukan dengan orang tuanya, dan lansung dijawab Allah SWT dengan kunjungan tersebut.

"Istrinya mengatakan ibu ayah ya Allah, aku tuh tadi berdoa sama Allah, aku rindu sama ibu sama ayah udah lama nggak ketemu. Aku tuh nangis karena aku rindu sama ibu sama ayah. Eh tahunya Allah langsung menjawab doa aku. Aku semakin terharu jadi akun rindu sama ibu sama bapak bahagia," ucap Oki.

Dari kejauhan, kata Oki, sang suami terharu dengan alasan istrinya yang tak mengadukan hal buruk di dalam rumah kepada orang tuanya. Sang suami pun semakin kagum dengan perilaku istrinya tersebut. "Ya Allah nih istri padahal bisa lho istrinya ngadu sama orang tuanya itu aku baru dipukul ada KDRT kekerasan dalam rumah tangga suamiku," ujar Oki menirukan sang suami yang takjub dengan isrinya.

Oki pun menyinggung kaum perempuan yang kadang-kadang suka lebay atau bercerita tidak sesuai kenyataan terkait masalah rumah tangga. "Dilebih-lebihkan gitu orang kalau lagi marah lagi sakit hati kan ceritanya suka dilebih-lebihkan biasanya. Tapi sang istri mengatakan ya Allah. Pak bu, aku tuh nangis karena aku rindu sama bapak sama ibu. Suaminya luluh hatinya istriku itu masya Allah menyimpan aibku sendiri ya Allah luar biasa," kata Oki.

Dari peristiwa itu, sambung dia, sang suami akhirnya semakin sayang dan cinta kepada istrinya. Menurut Oki, masalah KDRT sebaiknya tidak perlu diceritakan ke orang lain. "Jadi nggak perlu lah cerita yang sekiranya menjelek-jelekkan pasangan kita sendiri," kata Oki.

Sontak saja konten itu mendapat sanggahan dari ribuan warganet. Mereka ada yang mengingatkan Oki jika tidak ada ajaran agama Islam yang membenarkan perilaku KDRT suami ke istri. Malahan, tidak sedikit yang mendukung jika ada istri yang menjadi sasaran KDRT suami agar melapor ke polisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement