Selasa 18 Jan 2022 20:47 WIB

5.000 Santri dan Pelajar Ikuti Vaksinasi Dosis Dua di Wonosobo

Vaksinasi dosis dua di Wonosobo digelar di empat tempat.

Suasana vaksinasi dossis dua di Kabupaten Wonosobo.
Foto: Dok Indonesia Optimis
Suasana vaksinasi dossis dua di Kabupaten Wonosobo.

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSOBO -- Sebanyak 5.000 santri dan pelajar di Kabupaten Wonosobo, telah melakukan vaksinasi dosis dua di Gedung Sasana Adipura Kencana, Wonosobo, Jawa Tengah, Selasa (18/1/2022). Vaksinasi pertama sudah dilaksanakan di tempat yang sama pertengahan Desember 2021 lalu. 

Vaksinasi yang digagas kolaborasi Relawan Indonesia Optimis dan Wonosobo Hebat ini juga dilaksanakan di tiga lokasi lainnya, yakni di  SMPN 1 Gerung, SMPN 1 Sampuran, dan SMPN 1 Laksono. 

Baca Juga

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat yang hadir pada vaksinasi tersebut mengatakan, di wilayah Kabupaten Wonosobo untuk dosis pertama sudah mencapai 78 persen. Sedangkan dosis kedua sekitar 48 persen, dan untuk anak-anak 30 persen. 

"Kita mengharapkan percepatan vaksinasi terus kita tingkatkan, termasuk anak-anak. Hal ini agar sekolah tatap muka bisa seratus persen dilaksanakan dan perekonomian semakin membaik di negara kita," kata Bupati dalam kata sambutannya, seperti keterangan media yang diterima Republika.co.id

 

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Wonosobo itu, mengharapkan dengan adanya vaksinasi ini kesadaran masyarakat di dalam menjaga kesehatan harus tetap dijaga dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes). 

"Saat ini kita sedang menghadapi covid-19 varian baru omicron, kita keluar rumah harus tetap menjaga prokes," tambah Bupati yang juga mantan ketua DPRD Kabupaten Wonosobo. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Geodipa Energi Persero, Riki Ibrahim menunjukkan komitmennya  dengan memberikan dukungan kepada Bupati Wonosobo untuk meningkatkan Wonosobo Sehat dan Wonosobo Hebat, serta Santri Sehat.  PT Geodipa Energi Persero adalah salah satu sponsor utama pelaksanaan vaksinasi, baik dosis satu dan dua bagi santri dan pelajar di Kabupaten Wonosobo. 

Ketua relawan Indonesia Optimis, Bobby Indroharto mengatakan tujuan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Wonosobo ini membantu Pemerintah di dalam mendukung percepatan Vaksinasi guna tercapainya kKekebalan kelompok (Herd Immunity) bagi masyarakat selama Pandemi Covid-19, apalagi saat ini ada varian baru Omicron. 

Selain itu, Bobby juga berharap agar kolaborasi seperti ini juga diikuti elemen masyarakat lainnya. Caranya melakukan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah, BUMN dan swasta serta kelompok masyarakatm agar menjadi gerakan bersama dan percepatan vaksinasi ini bisa segera tuntas. 

Di dalam vaksinasi dosis dua ini, menurut Bobby, bukan hanya santri dan pelajar, tapi juga melibatkan orang dewasa. Ia ingin  program pemerintah untuk percepatan vaksinasi di Kabupaten Wonosobo segera tuntas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement