Kamis 13 Jan 2022 19:43 WIB

Difabel Penjual Kopi Keliling Mendapat Sepeda Listrik Bergerobak

Kang Iyus juga mendapatkan uang kadeudeuh untuk kegiatan usahanya.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ilham Tirta
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.
Foto: istimewa
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi memberikan sepeda listrik kepada penyandang disabilitas yang berjualan kopi keliling, Iyus Yusuf (59 tahun) di Kantor Dinas Sosial Kota Sukabumi, Kamis (13/1/2022). Sepeda listrik ini dilengkapi dengan gerobak yang diharapkan dapat membantu Kang Iyus dalam berusaha.

"Alhamdulillah terima kasih sudah memperhatikan dan memberikan bantuannya,'' ungkap Kang Iyus kepada wartawan. Selain sepeda listrik, Kang Iyus juga mendapatkan uang kadeudeuh dari wali kota untuk kegiatan usahanya.

Baca Juga

Kini, ia bisa beraktivitas lebih semangat dengan adanya sepeda listrik tersebut. Kang Iyus memang harus berjuang keras untuk menghidupi ekonomi keluarga di saat penerapan PPKM tahun 2021 lalu.

Selama PPKM, dia tidak bisa lagi mangkal untuk berjualan kopi di Jalan Brawijaya, Kota Sukabumi. Sehingga ia memutuskan dagang kopi keliling menggunakan sepeda motor khusus. ''Bantuan ini diberikan setelah ngobrol beberapa bulan lalu dengan Kang Iyus terkait kendala sarana transportasi dalam berjualan,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

 

Pada waktu itu, kata dia, bantuan yang diberikan berupa tongkat dan paket sembako yang diharapkan membantu Kang Iyus. Selanjutnya, Dinsos mengajukan bantuan kepada kementerian sosial terkait sarana transportasi. Di mana pada Kamis ini sudah jadi dan diserahkan kepada Kang Iyus.

Ia berharap sepeda listrik bisa dimaksimalkan pemanfaatannya dan Kang Iyus hidup mandiri. Sebab, sepeda motor yang selama ini dia gunakan adalah milik temannya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement