Kamis 30 Dec 2021 07:55 WIB

Harga Telur dan Minyak Goreng di Pasar Raya Padang Alami Kenaikan

Kenaikan harga telur ayam dan minyak goreng sudah terjadi seminggu ini.

Pedagang menyortir telur ayam ras untuk pembeli. Harga telur dan minyak goreng di Pasar Raya Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), mengalami kenaikan.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Pedagang menyortir telur ayam ras untuk pembeli. Harga telur dan minyak goreng di Pasar Raya Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), mengalami kenaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Harga telur dan minyak goreng di Pasar Raya Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), mengalami kenaikan. Sementara, harga cabe turun berdasarkan pantauan Rabu (29/12).

"Harga telur saat ini naik Rp 55 ribu per rak yang berisi 30 butir telur, sementara seminggu yang lalu Rp 40 ribu," kata Darman pedagang telur di Pasar Raya Kota Padang.

Baca Juga

Pedagang lainnya Eri juga mengatakan harga telur ayam buras naik menjadi Rp 56 ribu per rak dari sebelumnya Rp 40 ribu. "Kenaikannya dalam seminggu ini. Untuk penyebab kenaikan salah satunya karena kelangkaan pasokan, namun untuk distribusi lancar," kata dia.

Ia menyampaikan untuk telur ayam kampung juga mengalami kenaikan dari Rp 45 ribu sekarang Rp 60 ribu. "Begitu juga untuk telur itik, sekarang harganya Rp 75 ribu. Naik dari seminggu yang lalu di kisaran Rp 70 ribu," katanya.

Sementara pedagang minyak goreng Syarif menyebut ada kenaikan harga minyak goreng curah dalam seminggu ini dari Rp 18 ribu per kg menjadi Rp 18.500 per kg. Pasokan minyak goreng ini pun kadang lancar kadang langka.

"Baru-baru ini agak langka, sehingga terjadi perebutan stok barang," kata dia.

Namun terpantau tidak seluruh harga yang mengalami kenaikan. Untuk cabai contohnya, mengalami penurunan.

Pedagang cabai Eko menyebut harga cabai merah turun dalam seminggu ini dari Rp 30 ribu sekarang Rp 22 ribu. "Begitu juga untuk cabai hijau, sekarang Rp 18 ribu. Seminggu yang lalu itu harganya Rp 20 ribu," ujar dia.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andre Algamar mengatakan salah satu upaya pihaknya dalam membantu masyarakat saat kenaikan harga beberapa barang pokok itu yakni dengan menyelenggarakan pasar murah sekaligus operasi pasar minyak goreng. "Kami bekerjasama dengan Apical Group dalam operasi pasar minyak goreng ini. Harga minyak goreng pada operasi pasar ini hanya Rp 14 ribu saja," kata dia.

Ia menambahkan pasar murah ini dilaksanakan pada lima kecamatan di Kota Padang sejak 23-29 Desember 2021.

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement