Rabu 22 Dec 2021 18:23 WIB

Omicron Mengancam, Tetapi WHO Tetap Berharap Dunia akan Lebih Aman Tahun Depan

WHO menaruh harapan bahwa pandemi Covid-19 di dunia bisa berakhir pada 2022.

 Spesialis pengujian COVID-19 Alex Honn, kanan, dan Tokeya Berry menguji seorang pengemudi di lokasi pengujian virus corona drive-up Selasa, 21 Desember 2021, di Bellingham, Wash. Pejabat kesehatan Washington mengatakan Selasa setidaknya 400 kasus COVID baru Varian -19 telah dikonfirmasi, tetapi omicron itu belum menyusul kasus delta di negara bagian itu. Selama dua minggu terakhir, negara bagian Washington rata-rata memiliki lebih dari 1.500 kasus baru, kemungkinan kasus COVID-19 sehari.
Foto:

Kasus positif Covid-19 varian Omicron di Indonesia bertambah dua orang, sehingga sampai saat ini jumlah kasus positif ada lima orang. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, dua kasus baru itu merupakan pelaku perjalanan luar negeri dari London.

Hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) dari kedua pasien tersebut keluar pada Senin (20/12). Mereka merupakan dua dari 11 orang yang dinyatakan probable hasil pemeriksaan S-Gene Target Failure (SGTF). Pemeriksaan tersebut keluar pada Ahad (19/12).

“Saat ini sudah ada tambahan kasus lagi dari 11 kasus probable ada dua kasus terkonfirmasi positif. Saat ini mereka sedang menjalani karantina di Wisma Atlet, Jakarta,” katanya dikutip Rabu (22/12).

Nadia mengatakan, saat ini pengetatan di pintu masuk negara terus diperketat, terutama di perbatasan laut, dan darat. Karena, positivity rate di pintu masuk laut dan darat 10 kali lebih tinggi daripada di udara.

Nadia juga mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai penyebaran Omicron dan virus Covid-19 jenis lainnya. Masyarakat juga diminta untuk mengurangi mobilitas dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

“Kesadaran diri dan menahan keinginan berpergian harus dilakukan. Menjelang hari natal dan tahun baru alangkah lebih baik tidak melakukan perjalanan. Saya meminta masyarakat untuk bekerja sama mencegah penularan virus Covid-19 dengan menahan diri tidak berpergian,” ucapnya.

"Tetap gunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Jangan lengah dan tetap waspada terhadap penularan virus Covid-19, terutama Omicron yang laju penyebarannya sangat cepat," tambah dia.

Cepatnya penularan varian Omicron telah terbukti salah satunya di Amerika Serikat. Per Jumat pekan lalu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa lebih dari 73 persen kasus Covid-19 baru di negara tersebut disebabkan oleh Omicron.

Berdasarkan data per 18 Desember 2021, CDC mengungkapkan bahwa prevalensi kasus Covid-19 akibat varian Delta menurun jadi 26 persen. Padahal sejak Juli lalu, Delta merupakan varian yang paling dominan di AS.

Di beberapa wilayah AS, varian Omicron bahkan memiliki prevalensi lebih dari 90 persen. Sebagian wilayah tersebut adalah New York, New Jersey hingga sebagian wilayah Midwest, yaitu South dan Pacific Northwest.

"Lonjakan tajam kasus Omicron telah diprediksi dan serupa dengan apa yang telah terlihat di dunia," ungkap CDC, seperti dilansir Today.

Meski begitu, para ahli tetap merasa terkejut dengan betapa cepatnya waktu yang dibutuhkan Omicron untuk melampaui Delta. Menurut para ahli, penyebaran Omicron terlampau cepat.

"Varian ini sangat cepat," jelas ahli epidemiologi dari Harvard TH Chan School of Public Health Bill Hanage.

Dalam keterangan resminya di Jenewa, Swiss, Selasa (21/12), Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyarankan warga dunia untuk membatalkan acara perayaan liburan akhir tahun ini. Di tengah lonjakan kasus infeksi karena varian Omicron yang sangat menular, Tedros meminta masyarakat untuk menunda kegiatan berkumpul.

"Membatalkan kegiatan lebih baik daripada membatalkan kehidupan," katanya di konferensi pers di Jenewa, Selasa (21/12).

Meski demikian, tim WHO juga menawarkan harapan pada dunia yang lelah pada gelombang wabah baru virus Corona. WHO mengatakan tahun 2022 akan menjadi tahun yang lebih baik sebab pandemi yang telah menewaskan 5,6 juta orang di seluruh dunia akan berakhir.

Hal ini menunjukkan kemajuan dalam pengembangan vaksin generasi kedua dan ketiga. Serta pengembangan pengobatan antimikroba dan inovasi lainnya.

"(Kami berharap) untuk dapat mengesampingkan penyakit ini untuk penyakit yang gejalanya lebih ringan yang mudah dicegah, mudah diobati," kata pakar kedaruratan WHO, Mike Ryan.

"Jika kita dapat menekan penularan virus seminimal mungkin, maka kami dapat mengakhiri pandemi," tambahnya.

photo
Beda gejala infeksi varian omicron dan delta. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement