Senin 20 Dec 2021 23:19 WIB

Purwakarta Gelar Festival Hortikultura Kebon Ambu

Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan produksi.

Pameran hortikultura (ilustrasi). Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, menggelar Festival Hortikultura Kebon Ambu.
Foto: Antara/Budi Candra Setya
Pameran hortikultura (ilustrasi). Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, menggelar Festival Hortikultura Kebon Ambu.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, menggelar Festival Hortikultura Kebon Ambu sebagai upaya peningkatan produksi sayur dan buah serta sebagai penyebarluasan teknologi budidaya hortikultura di wilayah Kabupaten Purwakarta.

"Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan produksi dan penyebarluasan teknologi budidaya kepada para petani, pelaku agribisnis hortikultura, pengambil kebijakan, akademisi dan masyarakat," kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Senin (20/12).

Baca Juga

Ia menyampaikan, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu perwujudan dari upaya Pemkab Purwakarta dalam pengembangan hortikultura melalui kerjasama dengan PT East West Seed Indonesia (Ewindo) yang sudah berjalan sekitar satu tahun. Menurut dia, sektor pertanian menjadi andalan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

Terbukti, pada kuartal III 2021 ini, sektor pertanian tumbuh 1,35 persen. Atas hal itulah Pemkab Purwakarta menginginkan agar bidang pertanian hortikultura di sana terus berkembang.

Anne mengatakan, pada tahun ini sektor hortikultura di Purwakarta telah mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian berupa Rumah Produksi Higienis, Kumbung Jamur, Kawasan Cabai seluas 30 Hektar di Desa Cilingga Kecamatan Darangdan, Kawasan Bawang Merah seluas 30 Hektar di Desa Bojong Timur Kecamatan Bojong, Kawasan Durian seluas 20 Hektar di Desa Salem dan Tanjung Sari Kecamatan Pondok Salam.

Selain itu, ada juga kawasan Alpukat seluas 10 Hektar di Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong, Kawasan Lengkeng 10 Hektar di Desa Parakan Lima Kecamatan Jatiluhur, Kendaraan Roda Tiga sebanyak 4 unit di Desa Salem, Cibingbin, Babakan dan Pasir Munjul, Bantuan alat pengering komoditas perkebunan di Desa Wanayasa dan Cihanjawar Kecamatan Bojong. Ia berharap ke depannya kebun aset Pemerintah Kabupaten Purwakarta tersebut bisa menjadi salah satu destinasi baru pariwisata yang berbasis pertanian atau eduagrowisata, serta menjadi sarana peningkatan ekonomi mikro masyarakat setempat.

Selain itu juga diharapkan menjadi sarana pemberdayaan masyarakat dan sarana edukasi untuk belajar berkebun bagi masyarakat, tidak terkecuali kaum pelajar. Festival Hortikultura di Kebun Percontohan Agroeduwisata Kebon Ambu, Desa Parakan, Kecamatan Kiarapedes.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement