Senin 20 Dec 2021 20:02 WIB

Survei Elektabilitas Cawapres, Sandiaga Uno Teratas

Survei menyatakan Sandiaga sudah memiliki brand image sebagai mantan cawapres.

Rep: Febrianto Adi Saputro, Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Menteri Parisiwsata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Berdasarkan survei Charta Politika, nama Sandiaga teratas dalam hal elektabilitas cawapres.
Foto: Istimewa
Menteri Parisiwsata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Berdasarkan survei Charta Politika, nama Sandiaga teratas dalam hal elektabilitas cawapres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Elektabilitas Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden (cawapres) berada di urutan tertinggi. Dalam survei nasional terbarunya, Charta Politika Indonesia mencatat elektabilitas menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu berada di angka 27,7 persen.

"Perkiraan saya variabel pengenalan publik yang cukup tinggi dibanding nama-nama lain, brand image yang memang sudah pernah jadi calon wakil presiden," kata Yunarto melalui daring, Senin (20/12).

Baca Juga

Sedangkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diurutan kedua dengan 17,4 persen. Sementara Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di urutan ketiga dengan 9,1 persen.

"Berimbang dengan nama mas AHY 9 persen," ujarnya.

Kemudian elektabilitas Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon wakil presiden lebih tinggi jika dibanding dengan calon presiden dengan 4,7 persen. Disusul nama-nama lain seperti Susi Pudjiastuti (3,3 persen), Gatot Nurmantyo (3,0 persen), Erick Thohir (2,6 persen), Andika Perkasa (2,2 persen), Airlangga Hartarto (1,8 persen), Bima Arya Sugiarto (0,6 persen), Luhut Binsar Pandjaitan (0,2 persen), Moeldoko (0,1 persen), dan Anis Matta (0,1 persen).

Untuk diketahui survei dilakukan pada periode 29 November - 6 Desember 2021. Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka dengan multistage random sampling.

Sebanyak 1200 responden dilibatkan dalam survei kali ini. Sedangkan margin of error survei tersebut 2,83 persen dengan  tingkat kepercayaan 95 persen.

 

 

Hasil survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) pada Ahad (19/12) juga merilis hasil survei terkait calon pemimpin untuk 2024. Nama Sandiaga berada di urutan pertama dengan elektabilitas sebesar 17,9 persen untuk cawapres. Tepat di bawahnya ada Anies (12,3 persen) dan (8,5 persen).

Ridwan Kamil (6,5 persen), Khofifah (4,1 persen), Prabowo (4,0 persen), Risma (3,0 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (2,3 persen). Selanjutnya, Puan Maharani: (1,9 persen), Gatot Nurmantyo (1,6 persen), Susi Pudjiastuti (1,5 persen), Basuki Tjahaja Purnama (1,5 persen), dan Andika Perkasa (1,4 persen).

Adapun, untuk bakal calon presiden (capres), nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih terkuat.

"Elektabilitas Prabowo sebagai capres 2024 saat ini berada di 23,9 persen," ujar Direktur Eksekutif KedaiKOPI, Kunto Adi di Tebet, Jakarta, Ahad (19/12).

Di urutan kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 16,4 persen. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di bawahnya dengan elektabilitas sebesar 12,5 persen.

Menariknya, masih ada nama Joko Widodo dengan elektabilitas sebesar 8,6 persen. Selanjutnya adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (3,6 persen), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (3,3 persen), dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (2 perse ).

"Agus Harimurti Yudhoyono 1,5 persen, dan Khofifah 1,5 persen," ujar Kunto.

KedaiKOPI melakukan survei terhadap 1.200 responden dengan usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun. Metode yang digunakan adalah wawancara tatap muka dengan margin error survei ini sekitar 2,83 persen. Survei digelar pada periode 16-24 November 2021, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

photo
Lima Nama Capres di Tiga Hasil Survei - (Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement