Jumat 17 Dec 2021 06:04 WIB

Taruna Merah Putih Gelar Kaderisasi Nasional 2021

Taruna Merah Putih menggelar kaderisasi nasional 2021

Sekjen DPP TMP Restu Hapsari,
Foto: istimewa
Sekjen DPP TMP Restu Hapsari,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Dewan Pimpinan Pusat Taruna Merah Putih (DPP TMP) menggelar kaderisasi nasional 2021 yang bertemakan "Membentuk Pemuda Pelopor Militan dan Bermanfaat Bagi Rakyat". Kamis, (16/12). 

Acara yang digelar secara daring melalui zoom meeting ini dihadiri oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidajat, Ketua DPP PDIP Bidang Organisasi dan Keanggotaan Sukur Nababan, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhannudin Muhtadi, Ketua Umum TMP Maruarar Sirait, Sekjen DPP TMP Restu Hapsari, para fungsionaris DPP TMP, Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPD TMP dari 13 provinsi dan 179  peserta yang merupakan peserta utusan dari 13 DPD TMP dan 72 DPC TMP. 

Baca Juga

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat membuka agenda ini mengucapkan terimakasih kepada TMP yang terus melakukan konsolidasi organisasi dan juga mendorong pergerakan anak muda serta memperkenalkan wawasan Bung Karno sebagai Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia. 

"TMP dalam seluruh kiprah dan geraknya bagi PDI Perjuangan telah menjalankan fungsi-fungsi rekrutmen yang sangat baik," kata Hasto dalam keterangan persnya.

Ia menilai, Ara Sirait selaku Ketua Umum DPP TMP dan jajaran pengurus TMP  terus melakukan proses konsolidasi di TMP untuk merekrut kader-kader muda untuk mendapatkaan pendidikan politik sebagaimana kaderisasi dilakukan ini.

"Anak muda harus menjadi perhatian besar bagi TMP untuk mengggalang kekuatan bersama menggelorakan semangat nasionalisme, patriotisme, dan juga rasa cinta kepada Indonesia melalui melalui cara-cara yang berkebudayaan, menggelorakan semangat Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan," kata Hasto.

Hasto berpesan, bahwa TMP juga perlu memiliki dan membangun kesadaran ekologis. Karena konteks politik tidak hanya sekadar merebut kekuasaan, lebih dari itu, politik harus memiliki spirit kebudyaan, ekonomi, berdikari dan penguasaan teknologi yang dipimpin oleh ide dengan cara-cara yang inovatif dan kreatif.

Dikatakan Hasto, kaderisasi yang dijalankan ini sangat penting karena jika dilihat dalam data, jumlah pemuda Indonesia berdasarkan data BPS mencapai 64,19 juta jiwa atau 24%.  Hal ini tentunya memberikan peluang yang luas bagi TMP untuk bergerak dalam seluruh api perjuangan sebagaimana digagas oleh Bung Karno. 

"Ketika saya melaporkan kepada Ibu Ketum, Ibu Megawati Soekarnoputri, terkait dengan rencana kaderisasi ini, beliau menitipkan pesan, tentu sesuai dengan kapasitas beliau  yang ditugaskan sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional, agar TMP dapat mendorong pergerakan kaum muda berlomba-lomba menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar  Hasto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement