Jumat 17 Dec 2021 04:27 WIB

Menikmati Udara Segar di Hutan Kota Bekasi

Hutan Kota Bekasi menyediakan taman bermain yang berisikan beberapa wahana permainan

Rep: Mgrol131/ Red: Gita Amanda
Landmark Taman Hutan Kota Patriot Bina Bangsa Kota Bekasi.
Foto: Dok Pribadi
Landmark Taman Hutan Kota Patriot Bina Bangsa Kota Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tidak kenal Taman Hutan Kota Patriot Bina Bangsa? Salah satu hutan kota terluas di Bekasi, yang terhimpit di tengah-tengah padatnya daerah yang berjuluk ‘Kota Patriot’ ini.

Bagi kalian yang sering mendatangi pusat-pusat perbelanjaan di kota Bekasi, seperti Mega Bekasi Hypermall, Metropolitan Mall, dan Bekasi Cyber Park, pasti tidak asing lagi dengan Jalan Ahmad Yani. Ya, jalanan utama yang menghubungkan beberapa pusat perdagangan dan berbagai fasilitas publik lainnya.

Jika kalian sudah mengetahui Jalan Ahmad Yani, maka tidak sulit untuk menemukan hutan kota ini. Hutan Kota Bekasi ini terletak di sekitar Kawasan Stadion Patriot, yakni seberang pintu tribun selatan stadion terbesar di Bekasi tersebut, atau dibalik ikon tulisan ‘KOTA BEKASI’ yang ada di seberang flyover Summarecon.

Hutan Kota Bekasi menjadi salah satu pilihan warga Bekasi yang ingin mendapatkan udara sejuk dan ketenangan di bawah rindangnya ribuan pohon yang tersebar. Ruang terbuka yang luas dan spotable, menjadikan hutan kota ini sering dipakai oleh komunitas ataupun berbagai kelompok untuk syuting maupun hanya berkumpul bersama.

Apalagi fasilitas yang tersedia seperti halaman yang luas dan gazebo, menjadikan Hutan Kota Bekasi tempat yang cocok untuk kalian yang ingin berekreasi bersama kolega atau sanak keluarga.

Untuk kalian yang membawa anak-anak, Hutan Kota Bekasi menyediakan taman bermain yang berisikan beberapa wahana permainan untuk anak, seperti jungkat-jungkit, mini outbound, dan lain sebagainya.

Namun sangat disayangkan, akibat baru beberapa bulan dibukanya hutan kota ini semenjak sekian lama pandemi, sebagian besar wahana permainan anak tersebut kini dalam kondisi yang kurang terawat.

Untuk kalian yang menyukai olah raga, Hutan Kota Bekasi menjadi tempat yang tepat karena disini tersediakan beragam fasilitas olahraga seperti jogging track, tempat fitness, lapangan sepatu roda, dan lain sebagainya.

“Kalo sore rame di sini, orang-orang pada olah raga,” kata Muksi, seorang pedagang yang telah berjualan sejak 2006.

Sore hari menjadi waktu yang paling banyak dipilih pengunjung yang ingin berolah raga. Jadi, untuk kalian yang lebih menyukai sensasi olah raga yang ramai, maka lebih disarankan untuk datang pada waktu sore.

photo
Syair ‘Karawang-Bekasi’ di depan Tugu Perjuangan Rakyat Bekasi. - (Dok Pribadi)

 

Karawang Bekasi

Dibalik semua fasilitas tersebut, Hutan Kota Bekasi ini juga menyimpan sebuah objek bersejarah Kota Bekasi, yakni Monumen Perjuangan Rakyat di Bekasi. Sebuah monumen yang bermakna agar selalu mengingat perjuangan yang gigih dan patriotism yang tinggi dari seluruh rakyat Bekasi dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan.

Monumen yang didirikan pada tahun 1975 ini juga terpampang syair yang berjudul “Karawang-Bekasi”, karya sastrawan terkemuka di Indonesia, Chairil Anwar. Adanya syair tersebut akan membuat pengunjung yang membacanya semakin merasakan perjuangan rakyat Bekasi kala itu.

Segala fasilitas yang ada di Hutan Kota Bekasi telah disediakan Pemerintah Kota Bekasi dengan gratis untuk seluruh warga yang ingin berkunjung. Namun, para pengunjung tetap memiliki tanggung jawab untuk saling menjaga kebersihan dan ketertiban.

Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Hutan Kota Bekasi masih dibuka seperti biasanya. Belum ada arahan apapun terkait pencegahan virus Covid-19 di hutan kota terluas di Bekasi ini.

“Saat ini belum ada (arahan terkait nataru), tapi kan sudah dibuka, jadi mungkin saat natal dan tahun baru tetap dibuka seperti biasa,” kata Muksi.

 

photo
Mini outbond Taman Bermain Bijak Plastik. - (Dok Pribadi)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement