Senin 13 Dec 2021 16:23 WIB

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai Selasa Besok

Vaksinasi Covid-19 untuk anak berusia 6-11 tahun akan dimulai pada Selasa besok.

Rep: Dian Fath Risalah, Zainur mahsir ramadhan/ Red: Bayu Hermawan
Vaksinasi Covid-19 untuk anak berusia 6-11 tahun akan dimulai pada Selasa besok (foto: ilustrasi)
Foto:

Menanggapi bakal dimulainya vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di beberapa daerah, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan sedang membuat petunjuk teknis atau Juknis terkait pelaksanaannya. "Kami sedang buat Juknisnya kalau sudah siap, kami akan keluarkan rekomendasi dari kami (IDAI) terkait vaksinasi Covid-19 khususnya skriningnya, " kata Ketua IDAI, dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) dalam diskusi daring, Senin (13/12).

Menurut Piprim, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk usia 6-12 tahun tidak jauh berbeda dengan vaksinasi Covid-19 untuk usia 12-17 tahun. Sehingga, pelaksanaannya diberikan di Puskesmas maupun di Sekolah.

"Pelaksanannya seperti vaksinasi pada kakak-kakaknya usia 12-17 tahun, jadi dilaksanakan di Puskesmas, bisa juga di Sekolah, IDAI siap bantu mendampingi pelaksanaan di lapangan," tegasnya.

IDAI, tambah Piprim, sudah siap berkolaborasi mendampingi Kemenkes RI demi suksesnya program vaksinasi anak. Selain itu, pelaksanaan vaksinasi pada Selasa (14/12) besok, belum dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Belum semua, saya lihat ada beberapa kabupaten atau kota yang ditunjuk, khususnya yang cakupan vaksinasinya sudah tinggi, " ujar Piprim.

Sementara Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyatakan siap melakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun mulai Selasa (14/12) besok. "Besok ya (vaksinasinya). Besok kan ada acaranya," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, Senin (13/12).

Kabid P2P Dinas Kesehatan, Dwi Oktavia, mengatakan, pihaknya memang akan melakukan launching vaksinasi untuk anak mulai besok. "Untuk awal akan dilaksanakan di sekolah dasar atau sederajat sesuai jadwal yang ditetapkan bersama pihak sekolah dan puskesmas," ujar Dwi. 

 

Dwi melanjutkan, selain sekolah, vaksinasi anak juga akan dilakukan di fasilitas kesehatan atau pos vaksinasi.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement