Jumat 10 Dec 2021 14:20 WIB

Festival Mangga Bakal Digelar di Indramayu

Festival mangga untuk memperkenalkan mangga maupun olahan mangga Indramayu.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Bilal Ramadhan
Buah Mangga Gincu Indramayu. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Buah Mangga Gincu Indramayu. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Kabupaten Indramayu selama ini dikenal sebagai 'kota mangga' berkat produksi mangganya yang berlimpah maupun cita rasa mangganya yang unggul. Untuk itu, festival mangga akan digelar untuk lebih memperkenalkan mangga maupun olahan mangga Indramayu.

Gelaran yang bernama Festival Mangga dan UMKM Indramayu 2021 itu rencananya akan digelar di Pendopo Indramayu, pada 17-18 Desember 2021. Festival itu juga akan menghadirkan produk unggulan UMKM dari 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu.

Baca Juga

Ketua panitia, Jay Krhesna menjelaskan, Festival Mangga dan UMKM Indramayu 2021 itu merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilakukan di Indramayu. Tujuannya adalah untuk mengangkat dan menstabilkan harga mangga di pasaran sehingga diharapkan dapat membantu para petani mangga.

Selain itu, lanjut Jay, dapat membantu mengenalkan mangga Indramayu agar bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Bahkan, diharapkan mangga Indramayu juga bisa ekspor ke luar negeri.

"Festival ini adalah inisiatif para UMKM di Indramayu. Kita juga akan mengenalkan berbagai macam produk olahan mangga dalam festival ini," kata Jay.

Jay menambahkan, selain memamerkan berbagai macam olahan produk mangga dari para UMKM, juga diadakan pagelaran seni dan budaya tradisional khas Indramayu, seperti Berokan, Tari Topeng, dan Sintren. Pagelaran tersebut akan diadakan pada hari pertama festival.

Selain itu, juga akan ada ajang pencarian bakat yakni Arjuna dan Srikandi Mangga. Dalam ajang tersebut, masing-masing kecamatan akan mengirimkan perwakilannya, yang paham dengan produk olahan mangga di kecamatan masing-masing.

"Dan di hari kedua akan ada pentas dangdut dan tarling, dengan penampilan spesial dari Diana Sastra," tukas Jay.

Festival itu, lanjut Jay, akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu, beserta perusahaan-perusahaan daerah. Masyarakat bisa mengunjungi festival tersebut secara gratis.

"Pengunjung pun bisa mencicipi produk yang dibawa oleh UMKM Indramayu, sebelum membelinya," tandas Jay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement