Sabtu 04 Dec 2021 00:40 WIB

Risma Semangat Kembali Tiap Lihat Video Gading

Risma menyebut sosok penyandang disabilitas bernama Gading merupakan penyemangatnya.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kedua dari kiri) dalam acara peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 di kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Rabu (1/12). Risma terharu dengan semangat yang ditunjukkan sosok remaja penyandang disabilitas fisik bernama Gading Ogi Saputra.
Foto: Humas Kemensos
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kedua dari kiri) dalam acara peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 di kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Rabu (1/12). Risma terharu dengan semangat yang ditunjukkan sosok remaja penyandang disabilitas fisik bernama Gading Ogi Saputra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut bahwa sosok remaja penyandang disabilitas fisik bernama Gading Ogi Saputra menjadi pemicu untuk lebih bersemangat dalam bekerja. Saat ditempa kesulitan, Risma mengaku semangatnya kembali terpompa tiap kali melihat video Gading yang disimpan di ponselny.

"Kalau malam, saya merasa sudah mulai menyerah. Bekerja di kondisi bencana, kondisi situasi yang tidak normal sering kali. Tapi saya selalu melihat video Gading, selalu ada dalam handphone, saya semangat kembali setelah melihat video Gading," ujar Risma sambil berkaca-kaca dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional di Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Pertemuan Risma dengan remaja berusia 17 tahun tersebut dipenuhi suasana haru. Gading menaiki panggung utama acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial Jakarta dengan motor roda tiga yang merupakan bantuan dari program ATENSI Kemensos.

Risma segera menghampiri Gading yang menemuinya sambil berjalan merangkak, kemudian memeluk remaja itu sambil berurai air mata. Dia mengatakan, berkat anak-anak seperti Gading, hidupnya menjadi lebih berarti.

"Terima kasih Gading, semangatmu memberi contoh kepada saya untuk terus berjuang dalam kondisi dan sesulit apapun," ujar Risma.

Sosok Gading Ogi Saputra yang menjadi penyemangat itu meruakan penyandang disabilitas fisik sejak lahir yang membuat perlambatan perkembangan fisik, sehingga menjadikan kedua kakinya tidak berfungsi normal. Ia pun berjalan merangkak dibantu dengan kedua tangannya.

Segala stigma negatif sudah dipatahkan Gading dengan membuktikan dirinya penyandang disabilitas bisa berkarya tanpa belas kasih orang lain. Dua tahun terakhir, ia berjualan kopi keliling dilengkapi minuman, rokok, dan barang dagangan lainnya di kotak motor listrik roda tiga.

Satu unit motor listrik roda tiga yang dipakai Gading merupakan bantuan dari menteri sosial yang diserahkan langsung pada 15 Mei 2021 di kediamannya. Berkat motor listrik roda tiga itu, Gading mengaku omzet dagangannya naik.

Sebelumnya, saat pakai sepeda, Gading mendapat Rp 500 ribu per hari. Namun, kini dengan menggunakan motor listrik roda tiga, omzet jualan kopinta naik menjadi Rp 900 ribu, serta bisa menabung Rp 300 ribu per hari. Hadir dalam acara penutupan rangkaian HDI 2021 tersebut, Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, Staf Khusus Menteri Sosial, Jajaran Eselon 1 Kementerian Sosial, Ketua LPAI dan Ketua PPDI.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement