Kamis 02 Dec 2021 19:01 WIB

Pusat Data Cyber Terbakar, Surabaya Alihkan Layanan 112

Layanan 112 dialihkan ke kanal media sosial dan nomor telepon Posko Command Center.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ilham Tirta
Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) melakukan proses evakuasi jasad korban kebakaran Gedung Cyber, Jakarta, Kamis (2/12). Sebanyak 22 unit mobil pemadam dan 100 personel dikerahkan untuk memadamkan api yang diduga akibat konsleting listrik dan sebanyak tiga orang menjadi korban, dua diantaranya dinyatakan meninggal. Republik/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) melakukan proses evakuasi jasad korban kebakaran Gedung Cyber, Jakarta, Kamis (2/12). Sebanyak 22 unit mobil pemadam dan 100 personel dikerahkan untuk memadamkan api yang diduga akibat konsleting listrik dan sebanyak tiga orang menjadi korban, dua diantaranya dinyatakan meninggal. Republik/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya mengalihkan sementara layanan Command Center (CC) 112 sebagai dampak terbakarnya Gedung Pusat Data Cyber 1 di Jakarta Selatan, Kamis (2/12). Selain terputusnya layanan Command Center (CC) 112 se-Indonesia, termasuk Kota Surabaya, insiden ini juga mengakibatkan terganggunya traffic internet.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, M Fikser menegaskan, untuk saat ini pihak penyedia layanan belum dapat memberikan estimasi waktu kapan layanan kembali pulih. Ini dikarenakan ruang pusat data cyber yang terbakar.

Baca Juga

"Akibatnya untuk layanan 112 se-Indonesia, termasuk di Kota Surabaya tidak terkoneksi. Kita masih menunggu informasi dari pihak penyedia kapan layanan akan kembali normal," kata Fikser.

Meski demikian, Pemkot Surabaya mengimbau masyarakat agar tak perlu khawatir. Sebab, Pemkot telah menyiapkan langkah-langkah mitigasi untuk tetap memberikan layanan 112.

"Untuk saat ini kita alihkan sementara layanan 112 ke beberapa kanal media sosial milik pemkot dan nomor telepon Posko Command Center," ujarnya.

Dengan begitu, Fikser memastikan, masyarakat yang membutuhkan layanan kedaruratan, dapat memanfaatkan beberapa kanal media sosial milik pemkot serta nomor telepon Posko Command Center. Beberapa layanan tersebut dapat diakses masyarakat mulai dari aplikasi WargaKu.

Kemudian, media sosial instagram di alamat @call112surabaya, @sapawargasby dan @banggasurabaya. Layanan melalui Posko Command Center di nomor telepon 031-5454922 atau 031-99242201.

"Silahkan masyarakat dapat memanfaatkan beberapa layanan yang kami sediakan. Petugas operator di Posko Command Center juga bersiaga 24 jam," kata dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement