Jumat 26 Nov 2021 22:46 WIB

Universitas BSI Masuk Top-100 Afiliations Sinta Score

Penghargaan Top-100 merupakan peningkatan penilaian performa bagi perguruan tinggi

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali mendapatkan penghargaan pada tingkat Universitas di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta. Dalam acara Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) yang digelar di Universitas Multimedia Nusantara, Universitas BSI berhasil meraih 5 penghargaan sekaligus dari LLDIKTI, Rabu (24/11).
Foto: UBSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali mendapatkan penghargaan pada tingkat Universitas di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta. Dalam acara Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) yang digelar di Universitas Multimedia Nusantara, Universitas BSI berhasil meraih 5 penghargaan sekaligus dari LLDIKTI, Rabu (24/11).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) masuk dalam top 100 Affiliations By Overall Sinta Score. Penghargaan tersebut, diperoleh pada Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) Pimpinan Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah III Jakarta, di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Rabu (24/11).

Sinta (Science and Technology Index) merupakan portal yang melakukan penilaian kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya adalah kinerja penelitian Dosen.

Baca Juga

Dalam laman Sinta menjelaskan bahwa, telah diinisasi pada tahun 2016 oleh Direktur Jenderal Penguat Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia dengan melibatkan para ahli dari berbagai institusi.

Rektor Universitas BSI, Dr. Mochammad Wahyudi mengatakan, penghargaan ini merupakan peningkatan penilaian performa bagi perguruan tinggi. Hasil yang diraih cukup membanggakan dengan menempati top 100 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia dari total perguruan tinggi sebanyak 4641 .

“Ini artinya Universitas BSI mampu meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang mencakup kinerja penelitian”, ujar Dr Wahyudi saati diwawancarai lewat pesan WhatsApp, Rabu (24/11).

Ia menambahkan, pemeringkatan top 100 affiliations oleh Sinta ini, menjadi sebuah nilai tambah bagi peningkatan kualitas perguruan tinggi dari segi penelitian dosen-dosennya.

"Universitas BSI terus mengalami peningkatan dilihat dari dokumen per tahun untuk indeks scopus pada laman sinta.ristekdikti.go.id. Semoga tiap tahunnya dapat terus meninggkatkan kualitas dan mutu penelitian," tegas Dr Wahyudi.

Dr Wahyudi pun menjelaskan bahwa, naik turunnya peringkat pada Sinta Indonesia adalah hal yang wajar dan berganti sangat cepat setiap harinya. Sesuai dengan penilaian terhadap penelitian Dosen diperguruan tinggi yang dilakukan oleh Sinta Indonesia secara berkala.

"Tapi alhamdulillah di tahun 2021 ini, Universitas BSI tetap masuk top 100 Affiliations Sinta Score. Dari penghargaan yang diterima, penghargaan yang paling membanggakan adalah bisa masuk 'Top 100 Affiliations By Overall Sinta Score' atau 100 perguruan tinggi top versi SINTA secara nasional yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek. Di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Universitas BSI menempati posisi 10 besar," paparnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung secara hybrid ini, ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademik Universitas BSI atas kerja sama dan kerja kerasnya selama ini.

"Terima kasih kepada seluruh karyawan di Univesitas BSI atas kerja sama dan kerja kerasnya. Sehingga pada tahun 2021 ini, bisa mendapatkan banyak kategori penghargaan. Dari 11 penghargaan yang diberikan kita bisa memperoleh 5 penghargaan," ucapnya.

Penghargaan tersebut antara lain, Top 100 Afiliasi SINTA, Kerja sama tertinggi Perguruan Tinggi, Laporan PDDIKTI 100% dalam 4 semester terakhir. Selain itu masuk Top 10 (ten) Perguruan Tinggi dengan Laporan Kinerja Media Sosial Terbaik dan Kampus Terbanyak Sebagai Sentra Vaksin Covid-19.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement